Blogspot atau Wordpress Untuk Pemula Mana Yang Lebih Baik ?

Blogspot atau Wordpress Untuk Pemula Mana Yang Lebih Baik ?


Blogspot atau Wordpress


Blogspot atau Wordpress - Berbicara tentang pembuatan blog pribadi tentunya kita bertanya-tanya mana yang terbaik antara Blogspot atau Wordpress, sehingga menimbulkan kebingungan dan akhirnya tidak bisa memutuskan. Berbicara tentang pembuatan blog pribadi, kita pasti ingin yang terbaik untuk hasil akhirnya. Dewasa ini banyak yang salah paham antara penggunaan blogspot dan wordress, meskipun tidak banyak, namun orang awam cenderung tidak bisa membedakan secara signifikan antara keduanya.

Dan kali ini kita akan membahas beberapa perbedaan dalam penggunaan Blogspot dan Wordpress baik dari kelebihan dan kekurangannya, cara kerjanya, pembuatannya dan lain sebagainya. Mungkin sobat salah satu yang belum paham bagaimana cara menggunakan keduanya. Tanpa berlama-lama yuk kita bahas lebih lanjut.


Pilih Blogspot atau Wordpress untuk pemula

Berikut adalah pembahasan mengenai kedua hal tersebut. Simak baik-baik ya

1. Cara kerja Blogspot dan Wordpress

Blogger atau Wordpress


Blogspot atau Blogger adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Google dan dieruntukkan untuk sobat yang ingin menulis. Ketika sobat ingin membuat blog pribadi pada blogspot cukup dengan menggunakan akun google sobat, karena platform ini dikembangkan oleh Google otomatis semua aplikasi google terintegrasi pada Blogspot.

Ketika pertama kali mendaftar blogspot akan memberikan subdomain otomatis yaitu blogspot.com, misalnya saya ingin mendaftarkan RAHIPA di blogspot maka akan keluar subdomain yaitu rahipa.blogspot.com. Nah setelah sobat mendaftar akan diberikan dashboard untuk sobat bisa mengelola blog tersebut secara khusus mulai dari Template, halaman, menu, postingan dan lain-lain. 

Sama halnya seperti Blogspot jika sobat mendaftar di wordpress.com juga akan memberikan subdomain secara gratis misalnya saya ingin mendaftarkan RAHIPA pada wordpress maka subdomain yang akan keluar adalah rahipa.wordpress.com. dan sobat bisa mengedit wordpressnya sesuka hati dan sama persis dengan Blogger. 

Lalu apa bedanya cara kerja Blogspot dan Wordpress ? bedanya adalah ketika sobat menggunakan Blogspot maka sobat hanya bisa mengkustomasi template yang memang tersedia banyak dan gratis dan biasanya lebih mudah dalam segi pengoperasian. Karena jika kita ambil template dari penyedianya kita hanya mengubah sedikit saja dan jika ingin menambah dan mengurangi sobat bisa menggunakan coding yang ada di dalamnya.

Selanjutnya jika sobat menggunakan Wordpress maka sobat bisa menggunakan plugin dan tema yang banyak tersedia baik gratisan dan berbayar. Tema ini sama halnya dengan template blogger, namun dalam sisi cara mengkustomisasinya sobat bisa menggunakan yang namanya plugin. Plugin ini adalah sebuah alat untuk membantu dalam pengoperasian wordpress. Nah plugin yang digunakan untuk mengkustomisasi wordpress kita adalah Plugin Builder seperti: Elementor, WP Bakery, Beave Builder, dan masih banyak lainnya.

Jika di dalam blogspot kita hanya bisa mengandalkan intuisi dalam menargetkan keyword untuk keperluan SEO web, maka di wordpress sobat bisa dengan menggunakan plugin lagi untuk menentukan tingkat SEO dari sebuah postingan sobat. Plugin yang sering digunakan adalah: Yoast SEO, Rank Math, On Page Seo.

2. Menghubungkan Domain Khusus Ke Blogpsot dan WordPress

Blogspot atau Wordpress


Penggunaan domain khusus ini misalnya jika sobat tidak ingin ada embel-embel dibelakang domain sobat, seperti rahipa.blogspot.com atau rahipa.wordpress.com dan ingin menjadi rahipa.com. Nah sobat bisa menggunakan domain ini pada dua platform ini hanya saja memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

Pada Blogspot sobat bisa melakukan pembelian domain kesayangan sobat baik pada dashboard Blogspot itu sendiri maupun kepada penyedia pihak ketiga seperti Niagahoster, IDcloudhost, Dewaweb, dan lain sebagainya.

Oke, Kita asumsikan sobat melakukan pembelian pada pihak ketiga. Sekarang sobat hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi dalam penyambungan domain dari pihak ketiga ke platform blogger (Baca : Cara menghubungkan domain ke Blogger dari semua penyedia layanan domain). Setelah berhasil melakukan beberapa konfigurasi, sobat hanya perlu menunggu 1x24 jam untuk bisa mengakses blog sobat.

Waktu ini dipergunakan untuk propagasi yang artinya domain sobat sedang dilakukan penghubungan dari akses seluruh dunia terhadap IP Address sobat. Singkatnya agar search engine mengenali alamat domain sobat tersebut.

Lalu Bagaimana dengan Wordpress ? Pada Wordpress sendiri jika sobat hanya ingin membeli dan menyambungkan domain, sobat tidak bisa membelinya pada pihak ketiga. Akan tetapi harus dibeli melalui dashboard wordpress itu sendiri dan memang harganya sedikit lebih mahal. Dan untuk menyambungkan domainnya tidak terlalu sulit karena akan dibantu langsung oleh pihak wordpressnya. 

Pada saat artikel ini di update masih bisa memesan domainnya saja. Akan tetapi ada satu hal yang sobat harus ingat, jika ingin menggunakan wordpress mungkin saat membaca artikel ini sobat tidak bisa hanya membeli domain saja. Akan tetapi pihak wordpress akan menyertakan dengan paket lengkap bersama hosting yang harus dibawar pertahunnya. 

3. Kemudahan Penggunaan Blogger dan Wordpress

a. template dan tema

Jika sobat menggunakan Blogger maka sobat akan terbiasa dengan namanya template yang digunakan untuk memperindah tampilan blog sobat. Ada banyak tersedia template yang bisa sobat pakai mulai dari gratisan hingga berbayar mulai dari idntheme.com, sugeng.id, igniel.com dan masih banyak lainnya.

Dalam blogger penggunaan template hanya bisa diatur dengan menu tata letak yang tersedia pada dashboard blogger itu sendiri. Atau jika sobat ingin mengkustomisasi tampilan sobat bisa menggunakan editor tema pada menu tema dan pilih edit html.

Yang artinya jika diatur tata letak itu hanya terbatas, karena sesuai dengan yang disediakan oleh developer template tersebut. Akan tetapi anda bebas meng kustomisasinya dari html jika sobat mengerti bahasa pemrograman seperti html,css, dan js.

Akan tetapi jika sobat ingin menggunakan Wordpress maka sobat akan terbiasa mendengar nama tema dan plugin, yang dimana ini adalah peracik untuk memperindah tampilan blog sobat. Tema ini juga sangat banyak tersedia baik yang gratisan maupun berbayar.

Jika sobat membeli tema yang berbayar maka akan diberikan beberapa plugin tambahan untuk mendukung tampilan blog sobat. Namun jika sobat menggunakan tema yang gratisan sobat masih tetap bisa menggunakan plugin yang di instal secara manual dari menu plugin.

Seperti yang Saya jelaskan diatas Plugin adalah sebuah alat pembantu yang digunakan oleh user wordpress dalam mempercantik tampilan blog mereka. Plugin ini ada beberapa macam, plugin builder, plugin SEO, plugin navbar dan masih banyak lainnya.

b. Postingan Artikel Ramah SEO



SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan alat ukur yang digunakan google untuk melihat seberapa bagus kualitas sebuah artikel. Hal ini tentunya sangat penting jika sobat ingin artikel yang ditulis muncul di pencarian teratas dari google. SEO yang dibahas ini hanya untuk sebuah artikel bukan untuk ranking moz karena akan memiliki beberaa indikator lainnya.

Nah, disini sobat akan melihat perbedaan yang sangat jauh antara Blogger dengan Wordpress dan akan merasakan jika Wordpress akan menjadi pilihan terbaik untuk hal ini. Ya, pemikiran dasar yang saya punya ketika pertama kali mencoba wordpress. 

Hal ini dikarenakan pada Blogger tidak tersedia score SEO yang menjadi acuan kita dalam menulis sebuah artikel, kita hanya bisa menebak dan menebak sembari terus menulis artikel yang menurut kita bermanfaat. Pada blogger kita hanya bisa menyelesaikan artikel tanpa tahu paramater SEO dari artikel yang ditulis.

Berbeda dengan Wordpress yang dibantu dengan plugin sebagai acuan SEO score pada sebuah artikel yang kita tulis. Plugin ini ada beberapa seperti YOAST SEO, Rank Math, All in SEO dan lain-lain. Plugin ini sangat membantu dalam mengukur tingkat SEO score pada artikel yang sedang kita tulis.

Namun seperti yang saya bilang bahwa disini para pemula seperti saya sangat merasakan perbedaan dalam penggunaan Blogger dengan Wordpress. Akan tetapi ini hanya untuk pemula, bagi mereka atau sobat yang sudah paham kaidah SEO ini hanya sebatas alat dan tidak terlalu berarti apa-apa. Hal ini dikarenakan sudah terbiasa dan paham apa saja pendukung SEO score sebuah artikel. Misalnya sebut saja SEO Gambar, Judul, Target Keyword, Banyaknya Keyword dalam artikel dan masih banyak lainnya.

Yang ada kesimpulannya jika sobat adalah pemula dan tidak terlalu paham kaidah SEO maka wordpress adalah pilihan terbaik untuk sobat gunakan.


4. Perbandingan Harga 

Harga menjadi salah satu tolak ukur dalam suatu pilihan yang akan kita buat, termasuk dalam pemilihan Blogger atau Wordpress untuk blog kita kedepannya. Meskipun kita memiliki dana yang cukup kita juga perlu memperhatikan perbedaan harga dengan kualitas yang diberikan.

Pada platform Blogger sobat hanya akan mengeluarkan biaya domain dan template. Harga domain sendiri sangat bervariasi sesuai dengan ekstensi yang kita pakai misalnya .com (Rp 145K) .id (Rp 230K) .net (Rp 190K) dan lain-lain. Dan juga penjual domain meberikan harga yang berbeda beda. Seperti di Niagahoster, Idcloudhost, Idwebhost, Exabytes dan lain-lain.

Selain itu untuk templatenya sendiri sobat bisa membeli pada penjual yang ada di Indonesia biasanya harganya berkisar Rp 100.000 - Rp. 300.000 dimana ini terbilang cukup murah. Atau jika sobat tidak ingin membeli template dan hanya domain maka biayanya jauh lebih murah. Pada blog ini saya menggunakan template yang di jual di idntheme.

Sedangkan pada Wordpress sobat bisa membeli domain pada platform wordpress itu sendiri dengan harga yang biasanya sedikit lebih mahal dari penjual domain di Indonesia. Akan tetapi penggunaan domainnya lebih mudah dari pada di Blogger. Selain jika sobat ingin tampilan yang bagus, bisa membeli tema yang tersedia pada beberapa penjual seperti idtheme, evanto, dan lain-lain. Harganya sendiri termasuk mahal karena akan sepaket dengan plugin yang digunakan.

Akan tetapi jika sobat juga hanya ingin membeli domain saja tanpa harus membeli tema juga sangat bisa, banyak tersedia tema gratisan yang bisa di pasang langsung dari dashboard wordpress itu sendiri. Yaitu dari menu tampilan dan pilih menu tambahkan tema baru dan silahkan cari tema yang sesuai dengan ke inginan sobat. Dengan begitu sobat hanya mengeluarkan biaya lebih sedikit.

Apa beda Wordpress.com dan Wordpress.org ?

Setelah membaca artikel diatas mungkin sobat sudah mencari tentang Blogger dan Wordpress, namun pada pencarian itu sobat menemukan satu hal yang membuat bingung yaitu ada Wordpress.com dan Wordpress.org. Lalu apa perbedaan keduanya ? apakah satu yang asli dan yang lainnya tiruan ? atau apakah itu dua perusahaan yang berbeda ?

Wordpress.com dan Wordpress.org sebenarnya adalah satu perusahaan yang memiliki tujuan untuk memudahkan para penggunanya untuk mengelola website sendiri.

Misalnya pada Wordpress.com, ini adalah platform yang disediakan jika sobat hanya ingin menggunakan Wordpress tanpa memiliki hosting dan mengelolanya secara mandiri. Wordpress.com memberikan kemudahan bagi sobat yang memiliki budget pas-pasan (mungkin ini bahasa sederhananya). Yang tentunya memiliki akses terbatas dibanding dengan menggunakan Wordpress.org.

Sedangkan Wordpress.org adalah sebuah platform yang disediakan bagi sobat yang ingin mengutak-atik bagian dalamnya baik dari segi server, admin, database dan lain-lain atau bahasanya sering disebut back-end. Wordpress.org hanya bisa dipergunakan dengan sobat membeli hosting, baik dari pihak wordpress itu sendiri maupun dari pihak ketiga misalnya dari Niagahoster, Idcloudhost, Idwebhost, Dewaweb, Rumahweb dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya saya akan bahas pada artikel selanjutnya ya, ohya jika sobat ingin membeli hosting jangan salah pilih ya. Ini rekomendasi hosting dari saya untuk sobat.
1. Niagahoster.co.id  (Dapatkan tambahan diskon dengan memasukkan kode Belanja-Host)
3. IDwebhost.com
4. Rumahweb.com
5. Dewaweb.com

Itu rekomendasi saya untuk sobat jika ingin membeli domain atau hosting juga.

Kesimpulan

Jika tidak memiliki modal dan hanya cukup untuk membeli domain maka Blogger adalah pilihan terbaik karena biaya yang dikeluarkan hanya untuk domain setiap tahunnya. Adapun jika ingin membeli template biasanya akan dijual lifetime atau selamanya. Jadi sobat tidak perlu khawatir biaya pertahun untuk templatenya. 

Jika sobat memiliki dana lebih maka wordpress adalah pilihan yang paling pas untuk sobat, selain karena semuanya pengaturannya sangat mudah sobat juga bisa memelihara server dan database sendiri. Dan juga jika menggunakan wordpress.org sobat dapat menggunakan email yang profesional contohnya email@namadomainanda.com seperti saya misalnya email@rahipa.com. 

Bagaimana sobat ? apakah pertimbangan sudah sangat cukup atau masih ada kejanggalan dihati sobat ?
Kalau masih ada silahkan berkomentar dibawah dan akan saya jawab dengan apa yang saya ketahui ya. 

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat