Air Terjun Sigala-gala 1 wisata di Taman Nasional Batang Gadis

Air Terjun Sigala-gala 1 wisata di Taman Nasional Batang Gadis


Air Terjun Sigala-gala

Wisata di Air Terjun merupakan pengalaman yang sangat menarik, apalagi ditambah jika air terjunnya memiliki keunikan tersendiri. Seperti Air Terjun Sigala-gala yang terletak di Desa Sigala-gala Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Wisata seperti air terjun disini akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi yang mengunjunginya.

Air Terjun Sigala-gala adalah salah satu wisata air terjun yang ada di Mandailing Natal dan memiliki keunikan tersendiri dari air terjun lainnya. Anda yang ingin berkunjung kesini perlu mengetahui beberapa hal agar nantinya tidak asing dan merasa nyaman dalam perjalanan.


Air Terjun Sigala-gala memiliki air yang tidak tawar

Air Terjun Sigala-gala
image credit: instagram.com/bunsn26

Air Terjun Sigala-gala tidak memiliki air tawar seperti pada umumnya, akan tetapi adalah air belerang yang langsung mengalir dari Gunung Api Aktif yaitu Gunung Sorik Marapi. Hal ini menjadikannya sebagai air terjun yang unik di Mandailing Natal Sumatera Utara. 

Air yang mengalir langsung dari Gunung Sorik Marapi ini dihulunya adalah air panas, namun seiring panjangnya aliran arusnya dan pengaruh cuaca pegunungan yang dingin sehingga begitu alirannya sampai ke Air terjun suhunya sudah turun dan menjadi dingin dan segar.

Aliran sungai ini akan melintasi salah satu pesantren tertua di Indonesia yaitu Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Air ini juga digunakan oleh para santri untuk mandi dan mencuci pakaian.


Keindahan Air Terjun Sigala-gala

Air Terjun Sigala-gala
image credit: instagram.com/bunsn26

Dengan suasana pedesaan yang asri sobat akan disuguhi pemandangan alam yang begitu alami di sepanjang perjalanan dari Desa Sigala-gala hingga ke Air Terjun. Sepanjang perjalanan sobat akan diperlihatkan hutan-hutan yang menjadi bagian Taman Nasional Batang Gadis tempat hidupnya beberapa flora dan fauna Sumatera.

Untuk Air Terjunnya sobat bisa menikmatinya keindahannya yang memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dan diatasnya merupakan Hutan yang Dilindungi. Sehingga sobat akan merasakan kesejukan sambil mandi di aera pemandian yang sudah disediakan. Suasana yang damai akan membuat sobat betah berlama-lama di Air terjun ini


Lokasi Air Terjun Sigala-gala

Air Terjun Sigala-gala

Air Terjun sigala-gala berlokasi di Desa Sigala-gala Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Atau lebih detailnya bisa dilihat dengan mengklik link berikut Lokasi Air Terjun Sigala-gala. Jaraknya dari pusat kota panyabungan sekitar 28 KM dengan perkiraan waktu perjalanan sekitar 20 menit dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Air terjun ini berada di pedalaman jauh dari Desa Sigala-gala jadi sobat bisa menempuh dengan berjalan kaki sekitar 40 menit atau dengan sepeda motor dan memarkirkannya beberapa kilometer sebelum air terjun. Untuk saat ini mobil hanya bisa menjangkau sampai desa Sigala-gala.


Perjalanan dan Tiket Masuk Air Terjun Sigala-gala


Untuk menuju Air Terjun Sigala-gala sobat bisa menggunakan mobil dan sepeda motor atau juga angkot. Dengan mobil jika sobat sudah memasuki wilayah Kecamatan Panyabungan Kota teruskan menuju selatan dengan mengikuti jalan utama hingga menemui persimpangan di jembatan merah, berbelok ke arah kanan menuju Desa Tano Bato. Ikuti jalan utama sampai bertemu Polsek Panyabungan Selatan dan SMA N 1 Tano Bato, berjalan sekitar 5 menit sampai bertemu jembatan yang disebelahnya ada masjid. Simpang ke Air terjun sigala-gala berbelok ke arah kanan jalannya sedikit menanjak.

Begitu juga dengan sepeda motor, hanya saja dengan sepeda motor sobat bisa melanjutkan perjalanan sampai pemberhentian terakhir yang memiliki tempat parkir. Sepeda motor membantu sobat agar tidak melakukan perjalanan yang cukup jauh karena lokasi dari Desa ke Air Terjun cukup jauh.

Selanjutnya sobat yang datang bersama rombongan bisa menaiki angkot yang dengan tujuan Tano Bato, dengan nomor angkot 04 atau bisa sobat baca Rute Angkot Disini. Angkot yang sobat naiki akan membawa tepat disimpang menuju Air Terjun Sigala-gala atau sobat bisa memberitahukan Pak Supir agar menurunkan di simpang Air Terjun. Selanjutnya sobat dapat melanjutkan dengan jalan kaki, tenang saja jika ramai dalam perjalanan akan terasa singkat.

Untuk tiket masuk sejauh ini belum ada kecuali untuk sepeda motor yang masuk sampai kedalam akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 5.000,- demi keamanan kendaraan sobat selamat rasanya harganya wajar. Karena Air terjun diperuntukkan untuk umum dan tidak dikelola secara pribadi.


Estimasi Uang Yang Akan Dihabiskan

Ini perlu dibahas untuk sobat bisa berjaga-jaga dengan keuangan apalagi yang memiliki budget minimal seperti saya hehehe. Akan tetapi ini tidak terpatok dan menjadi acuan utama, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kita akan menghitung estimasi selama perjalanan.

Nah, jika sobat menggunakan mobil untuk BBM mungkin habis sekitar Rp. 100.000,- perjalanan pulang pergi dan tidak ada bayaran lain. Mungkin selebihnya adalah biaya untuk makan, harga disini terbilang cukup murah. Jika sobat memesan makanan dari sebelum masuk harganya masih normal seperti biasa. Untuk nasi dibungkus mungkin habis sekitar Rp. 15.000,-/bungkus tergantung sobatnya pesan nasi apa.

Untuk sobat yang menggunakan sepeda motor BBM mungkin akan cukup sebesar Rp. 20.000 dengan perhitungan sepeda motor dibawah 250 cc dan untuk uang parkir sebesar Rp. 5.000,-. Jika sobat ingin membeli makanan didalam mungkin harganya akan sedikit mahal mengingat ini adalah tempat wisata jadi tidak bisa diperkirakan secara pasti. Tapi kemungkinan harganya tidak akan jauh berbeda.

Jika sobat menggunakan angkot, kita hitung estimasi dari pusat kota yaitu Kecamatan Panyabungan Kota. Sobat akan menggunakan angkot yang ongkosnya berkisar Rp. 7.000, - Rp. 10.000,- per orangnya. Untuk makanan sobat bisa sesuaikan dengan rincian diatas. Agar tidak salah angkot saya ingatkan kembali sobat agar membaca kembali Rute Angkot di Panyabungan yang sudah saya tulis pada artikel terpisah.


Sarana Penunjang Wisata Air Terjun Sigala-gala

Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar, maka sudah seharusnya ada beberapa sarana penunjang di wisata ini, salah satunya adalah penjual makanan, toilet dan Mushala. Disini terdapat warga yang menjual makanan jika sobat dari luar tidak membawa persediaan makanan yang cukup, untuk toilet sudah disediakan pada satu titik.

Sayangnya musola atau tempat solat belum tersedia dengan baik, jadi jika sobat muslim dan ingin melaksanakan solat, sobat bisa menggunakan dataran untuk solat dan perlu membawa sajadah atau alas lainnya yang diperkirakan bersih.


Akhir Kata

Air Terjun Sigala-gala merupakan salah satu tempat wisata alam dari sekian banyaknya wisata di Mandailing Natal khususnya Air Terjun. Mandailing Natal masih memiliki banyak tempat yang indah yang tidak terekspos dan masih berada diluar jangkauan orang pada umumnya.

Air Terjun ini menjadi populer beberapa tahun belakangan ini karena keindahan dan keunikan yang ditawarkannya. Untuk sobat yang belum kesini wajib datang dan menikmatinya. Untuk sobat yang sudah kesini akan ketagihan dan ingin balik lagi karena tempatnya yang menyenangkan.

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat