Wisata di Mandailing Natal Saat Liburan dan Lebaran

Wisata di Mandailing Natal Saat Liburan dan Lebaran


Wisata di Mandailing Natal

Saat musim liburan dan lebaran di Mandailing Natal keluarga yang berada diluar kota ataupun diluar provinsi akan pulang kampung. Dan kebiasaannya setelah kumpul-kumpul bersama keluarga akan sibuk membahas destinasi wisata yang akan dikunjungi. Karena bagaimanapun juga tempat wisata menjadi daftar teratas dalam agenda baik keluarga maupun bersama teman-teman. 


Tidak akan lengkap rasanya berlibur tanpa menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat-tempat wisata. Baik hanya sekedar melihat-lihat ataupun memanjakan pikiran yang terlalu penat urusan pekerjaan. Ada juga sebagai pengobat rasa rindu terhadap kampung halaman di Mandailing Natal dan atau juga menuntaskan rasa penasaran pada tempat wisata terbaru yang ada di Mandailing Natal.


Pilihan tempat Wisata di Mandailing Natal sangat beragam mulai dari wisata air sampai wisata alam yang menakjubkan. Dengan banyaknya tempat wisata ini tentunya sobat ingin tahu, dimana tempat yang cocok untuk dikunjungi terutama jika merupakan pendatang baru di Mandailing Natal. Disini saya akan mencoba merangkum beberapa Tempat Wisata di Mandailing Natal Yang Populer.



1. Wisata Panatapan Jazirah Panyabungan

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/brendaiskarina


Panatapan Jazirah Panyabungan atau lebih populer diantara masyarakat Panatapan. Tempat wisata yang dikelola oleh perorangan ini pertama kalinya dibuka pada tahun 2018 dimana sebelumnya tempat ini hanya sebuah perkebunan karet biasa. 


Namun ditangan pengelola mampu menyulap tempat biasa saja menjadi tempat yang padat pengunjung sampai sekarang. Panatapan Panyabungan berada di sebelah selatan komplek Perkantoran Bupati Payaloting Panyabungan yang bisa dijangkau dengan kenderaan seperti mobil dan sepeda motor.


View yang disajikan bisa menyejukkan mata dengan hamparan hutan hijau yang terbentang di Bukit Barisan. Selain itu sungai Batang Gadis yang berliku-liku menambah indahnya alam Mandailing Natal. Untuk hamparan alam yang indah ini sobat bisa menikmatinya dari pondok-pondok yang disediakan atau juga lesehan jika sobat ingin bersantai sambil tiduran. Atau sobat pecinta duduk santai bersender, juga tersedia lengkap.


Fasilitas yang ada di Panatapan Panyabungan ini ada Warung untuk memesan makanan, Pondok-pondok dan lesehan, Spot untuk selfie, Spot bermain anak, Kamar mandi. Untuk Mushola dan parkiran belum tersedia dengan baik.



2. Wisata Legenda Sampuraga

Wisata di Mandailing Natal

Menjadi salah satu cerita legenda yang mendarah daging di kalangan masyarakat Mandailing Natal sejak dulu hingga saat ini yang bahkan masuk dalam salah satu buku pelajaran waktu SD tahun 2000-an. Wisata Legenda Sampuraga yang terletak di desa Sirambas kecamatan Panyabungan Barat ini baru saja dipugar oleh PEMKAB Madina beberapa waktu yang lalu. Setelah bertahun-tahun tertinggal dan sepi pengunjung. Kini setelah diperbaiki menjadi salah satu tempat wisata yang ramai didatangi baik dihari libur maupun hari biasa.


Wisata Legenda Sampuraga ini menyajikan wisata air panas yang benar-benar panas dan tidak bisa untuk dipakai mandi. Konon ceritanya air panas ini adalah bekas dari tempat masak waktu pesta si Sampuraga yang durhaka kepada Ibunya. 


Kolam air panas ini oleh pengunjung sering dipakai untuk merebus telur, pisang dan jagung. Karena suhu panasnya mampu merebusnya sampai benar-benar matang untuk bisa dikonsumsi. Selain itu Wisata Legenda Sampuraga juga memiliki Spot untuk berfoto yang cukup bagus.



3. Desa Wisata Sopo Tinjak

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/rian_afrian


Desa Sopo Tinjak adalah salah satu desa yang berada di dalam Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) Mandailing Natal dan merupakan salah satu desa wisata karena panorama alamnya. Desa ini merupakan desa yang dingin dan sejuk karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Sorik Marapi. Tidak heran jika suhu rata-rata disini berkisar 15 - 20 derajat Celcius. 


Lokasi wisata yang sering dikunjungi masyarakat adalah panatapan yang ada di atas Desa Sopo Tinjak ini. Tempat yang sudah melegenda ini karena sudah ada sejak lama sekali menjadi tempat populer yang dikunjungi oleh masyarakat. 


Suasana pedesaan yang alami membuat pengunjung merasakan kedamaian. Bentangan alam Taman Nasional Batang Gadis juga membuat sejuk pandangan karena hamparan hijaunya sejauh mata memandang. Dan jika beruntung disebelah barat jika langit cerah maka akan terlihat garis Pantai di Kecamatan Natal.


Untuk memanjakan pengunjung, disini tersedia warung untuk tempat beristirahat sekaligus untuk menikmati makanan dan minuman.


4. Wisata Payabulan Maga Lombang

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/dd_tanjung


Payabulan adalah tempat wisata yang terletak di Desa Maga Lombang Kecamatan Lembah Sorik Marapi dengan pemandangan alam hijau dengan Bukit Barisan yang membentang tinggi. Panorama alam Wisata Payabulan menjadikannya salah satu destinasi wisata di hari liburan atau lebaran tiba.


Menjadi salah satu lokasi pembuatan Film Mandailing yang berjudul Biola Na Mabugang menjadikan alasan selanjutnya tempat ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Karena sudah pasti sutradara memilih tempat ini karena memiliki keindahan yang unik yang tidak akan ada ditempat lain. Dengan panorama alamnya menjadikan Wisata Payabulan memiliki tempat untuk berfoto yang sangat keren.



5. Wisata Pantai Kavling atau Pantai Galon Natal

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/nabilabilekk

Salah satu pantai paling populer di kalangan masyarakat Mandailing Natal adalah Pantai Kavling atau biasa disebut. Pantai Galon yang berada di Desa Panggautan dan Desa Taluak Kecamatan Natal ini menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal disaat momen Liburan dan Lebaran.


Setidaknya ada sekitar 5.000+ pengunjung setiap harinya kala musim lebaran tiba. Hamparan pasirnya yang luas mampu menampung sepeda motor untuk berlalu lalang dari ujung ke ujung.


Sebagai salah satu garis Pantai Barat di Pulau Sumatera yang berarti merupakan laut lepas menjadikan deburan ombak yang begitu kuat dan besar. Bagi pecinta pantai dan laut ini merupakan salah satu anugerah dan kenikmatan. Selain itu Sunset juga menjadi alasan kenapa pantai ini sangat diburu oleh wisatawan. Tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan waktu untuk menunggu Sunset ini tiba.



6. Wisata Pulau Tamang Batahan

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/genpisumut_

Dipuji dengan pantai pasir putihnya yang indah dan keeksotisan bawah lautnya yang biru menjadikan Pulau Tamang menjadi Wisata yang wajib dikunjungi untuk para wisatawan yang berlibur di Mandailing Natal. Pulau Tamang sendiri merupakan nama salah satu Desa di Kecamatan Batahan dengan kurang lebih 200 kepala keluarga. Dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 5 kilometer dengan luas 166 hektar ini akan menyuguhkan panorama pantai yang begitu indah.


Mengunjungi tempat wisata tidak lengkap rasanya tanpa mengabadikan momen dengan berfoto. Pulau Tamang menyediakan keindahannya untuk sobat dapat mengabadikan momen-momen indah tersebut. Dan untuk pecinta Diving jangan lupa bawa kamera yang tahan air ya. Karena pemandangan bawah lautnya siap untuk membuat sobat terkesima.



7. Wisata Pantai Batu Badaun

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/abdee_zkyharahap

Wisata Pantai Batu Badaun dalam Bahasa Indonesia artinya Pantai Batu Berdaun berada di Desa Sikapas Kecamatan Muara Batang Gadis populer dalam beberapa waktu belakangan ini. Berada di garis Pantai Barat Sumatera dengan panorama yang begitu ciamik serta keunikan Batunya yang berdaun ini menjadi pilihan Wisata saat Liburan dan Lebaran tiba. Tidak sedikit masyarakat ke pantai ini dengan menaiki berbagai kenderaan seperti mobil dan sepeda motor. Perjalanan kurang lebih 5 - 6 dari pusat Kota Panyabungan tetap ditempuh demi menikmati keindahan Pantainya.


Adapun jalan menuju ke Pantai Batu Badaun ini dapat ditempuh dari dua arah, pertama bisa dari Kabupaten Tapanuli Selatan dengan menelusuri garis pantai menuju Kec. Batang Toru sampai ke Kec. Muara Batang Gadis dengan perjalanan sekitar ±298 Km atau kedua dari Kec. Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal sendiri dengan jarak tempuh ±192 Km atau berkisar 5 jam 45 menit perjalanan, semua jenis kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa melewatinya.



8. Wisata Pantai Baru Rusa Tabuyung

Wisata di Mandailing Natal
credit: instagram.com/fitrahhabiblubis


Pantai Batu Rusa adalah salah satu wisata pantai barat yang memiliki keindahan tersendiri, pantai ini sendiri berlokasi di Desa Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis. Sebelum adanya Pantai Batu Badaun, Pantai Batu Rusa merupakan salah satu pantai populer yang wajib dikunjungi, meskipun sampai sekarang popularitasnya masih bagus.


Adapun nama yang diambil untuk pantai ini adalah karena salah satu batunya menyerupai seperti Hewan Rusa lengkap dengan tanduknya. Selain itu suguhan pantai dan hamparan pasir membuat penikmatnya mendapatkan ketenangan ditambah lagi dengan hembusan angin semilir membuat kita bisa betah berlama-lama. Dan jangan lupa pesona laut birunya yang semakin menambah keindahan Pantai Batu Rusa ini.


Menuju Pantai Bursa dapat ditempuh dengan perjalanan 1 - 2 jam dari Kecamatan Natal atau juga dari Kecamatan Batang Toru. Jalur yang sama dengan Pantai Batu Badaun, jika dari Kec. Natal sebelum Pantai Batu Badaun atau dari Kec. Batang Toru setelah Pantai Batu Badaun.


9. Wisata Taman Bunga dan Water Park Rindang Panyabungan

Wisata di Mandailing Natal

Wisata Taman Bunga dan Water Park Rindanga Panyabungan adalah salah satu wisata Taman Bunga yang benar-benar mengusung taman bunga sebagai daya tariknya. Wisata ini berlokasi di Desa Sipapaga Kecamatan Panyabungan dan lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Nur Alan Nur Mandailing Natal.


Taman Bunga yang ditata rapi dan dengan berbagai jenis bunga dipadu dengan berbagai spot foto yang di desain begitu terstruktur dengan baik. Untuk sobat pecinta Fotografi untuk sekedar koleksi atau di unggah ke sosial media, Taman Bunga ini akan memberikan sobat hasil foto yang mengagumkan. Selain Taman Bunga juga ada beberapa bangunan-bangunan sebagai pendukung spot foto sobat.


Selanjutnya disini wisata air (water park) juga menjadi salah satu alasan masyarakat mengunjungi tempat wisata ini. Ada untuk tempat bersepeda air atau jika ingin mandi tersedia kolam di bagian atasnya atau jalan masuk ke Taman Bunga.


10. Wisata Aek Sijorni Sayur Matinggi

Wisata di Mandailing Natal
credit: flickr.com/roy antoni

Wisata Aek Sijorni adalah salah satu wisata air yang langsung mengalir dari pegunungan sehingga kejernihan dan kesejukannya terjaga dengan baik. Wisata Aek Sijorni sudah bertahun-tahun menjadi tempat wisata karena memiliki pesona alam yang tidak membuat bosan siapapun yang berkunjung. Air terjun yang berundak-undak atau kolam airnya menjadi tempat favorit untuk menikmati kesejukan air di Tempat Wisata ini.


Selain itu ada kolam yang sengaja di kelola dan dibangun dengan konsep yang sangat memperhatikan pengunjung sehingga memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Perlu diketahui bahwa Wisata Aek Sijorni ini memiliki banyak tempat yang dikelola oleh beberapa orang sehingga antara satu tempat dengan tempat pemandian lainnya memiliki aturan yang berbeda-beda. Namun meskipun begitu keindahan yang disuguhkan tempat wisata ini jangan sampai terlewat.


Lokasinya sendiri memang tidak berada di Kabupaten Mandailing Natal, akan tetapi di Kabupaten Tapanuli Selatan berjarak sekitar 50 - 60 KM dari Pusat Kota Panyabungan atau sekitar 40 Menit perjalanan dari Panyabungan. Karena lokasinya yang dekat sobat wajib mencobanya ketika berada di Mandailing Natal. Karena tempat wisata ini sudah populer di tingkat Nasional.


Penutup


Wisata di Mandailing Natal saat lebaran dan liburan sangat banyak, sehingga akan membutuhkan banyak waktu untuk sobat bisa menikmatinya. Disini saya merangkum beberapa tempat wisata populer dan mudah untuk dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Mandailing Natal yang menakjubkan seperti Air Terjun, Pemandian Air Panas, Wisata Alam dan lainnya. Lain waktu saya akan menambahkannya dalam daftar Wisata di Mandailing Natal saat Liburan dan Lebaran. 


Demikianlah artikel saya semoga sobat terbantu dengan beberapa daftar yang saya tuliskan. Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman yang lain dari tombol share dibawah. Jika ada yang kurang silahkan berkomentar dibawah. Terimakasih.

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat