Perkemahan Wirakarya Nasional 2021 Logo dan Maskot

Perkemahan Wirakarya Nasional 2021 Logo dan Maskot


Perkemahan Wirakarya Nasional


Perkemahan Wirakarya Nasional adalah pertemuan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan satu kali dalam 5 tahun. Kegiatan ini bisa diselenggarakan oleh berbagai tingkat kwartir, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah hingga Kwartir Nasional.

Seperti yang dijelaskan di atas, Perkemahan Wirakarya adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka. Dengan menghimpun seluruh Pramuka Penegak dan Pandega Putra dan Putri yang tergabung pada Satuan Karya Pramuka atau SAKA.


Kegiatan yang awalnya direncanakan diselenggarakan pada tahun 2020 harus di undur ke tahun 2021 akibat pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat beberapa kegiatan Pramuka skala Nasional mau tak mau harus di undur karena berbagai pertimbangan.

Kwartir Daerah yang telah mempersiapkan diri sebagai Tuan Rumah kegiatan terpaksa harus menata ulang persiapannya. Selain memikirkan kelancaran berbagai agenda kegiatan, juga harus mempersiapkan protokol kesehatan untuk para peserta kegiatan.

Salah satunya Perkemahan Wirakarya Nasional dengan Kwartir Daerah Jambi sebagai Tuan Rumahnya. Setelah melakukan berbagai persiapan baik dari segi kegiatan maupun protokol kesehatan. Akhirnya Kwartir Nasional memutuskan kegiatan ini diselenggarakan pada tahun 2021.

Di sini kita akan membahas tentang Perkemahan Wirakarya Nasional 2021


Apa itu Perkemahan Wirakarya Nasional ?

Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega skala nasional yang fokus utamanya adalah ikut terlibat dalam pembangunan masyarakat yang menjadi lokasi PW Nasional ini.

PW Nasional dilaksanakan setidaknya sekali dalam 5 tahun dengan DKN dan DKD tuan rumah sebagai pihak penyelenggara dan Kwarnas sebagai penanggung jawabnya. Lokasi kegiatan diputuskan ketika musyawarah lewat pengajuan diri atau ditunjuk langsung oleh pengurus nasional dalam hal ini Kwarnas dengan rekomendasi DKN.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pengabdian anggota Pramuka Indonesia kepada masyarakat dalam pengembangan Sumber Daya Manusia dan lingkungannya.



Lokasi Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor 025 tanggal 22 Februari 2021 menerangkan kegiatan Perkemahan Wirakarya Tingkat Nasional Tahun 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 8 - 15 November 2021. Di mana sebelumnya kegiatan ini akan dilaksanakan pada tahun 2020, namun di undur dengan menimbang adanya wabah pandemi Covid-19.

Adapun tempat diselenggarakannya PW  Nasional 2021 ini adalah di Kwartir Daerah Jambi sebagaimana direncanakan pada tahun 2020 lalu. Tepatnya berada di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti - Musa Sungai Gelam Jambi dan Kabupaten Batang Hari.


Tema, Motto, Dan Slogan Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Seperti pada kegiatan-kegiatan perkemahan pramuka sebelumnya, Perkemahan Wirakarya Nasional 2021 juga memiliki Tema, Motto, dan Slogan. Ini digunakan untuk menggambarkan kegiatan dan sebagai tambahan yel-yel pada saat kegiatan.

Adapaun Tema PW Nasional 2021 adalah “Berbakti Tanpa Henti, Berinovasi dan Berkarya Nyata untuk Indonesia”. Adapun Mottonya adalah “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan“ selanjutnya untuk slogannya adalah BISA (Berbakti, Berinovasi, Berkarya Nyata Untuk Indonesia).

Tema, Motto dan Slogan akan selalu diingat-ingat oleh peserta PW Nasional nantinya sebagai flashback pada kegiatan luar biasa yang diikuti oleh pramuka penegak dan pandega dari 34 Kwartir Daerah.


Logo Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Menurut Wikipedia Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Selanjutnya menurut Wikipedia Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Begitu juga dengan PW Nasional 2021 yang memiliki logo sebagai identitas diri yang kuat. Yang menggambarkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut yang memiliki makna-makna tersendiri. Logo PW Nasional 2021 sendiri memiliki makna sebagai berikut:

Makna Logo :

  1. Bentuk dasar logo adalah angka 2021 bentuk ini melambangkan tahun pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional tahun 2021.
  2. Siluet Gunung Kerinci yang melambangkan Persatuan, Kekuatan dan Keteguhan.
  3. Siluet Menara Gentala Arasy merupakan bentuk yang menggambarkan perkembangan Islam di Provinsi Jambi. 
  4. Angka 2 yang melambangkan angsa Jambi sebagai simbol Siluet gelombang berwarna biru melambangkan perdamaian yang selalu dipertahankan. 
  5. Logo Cikal melambangkan Gerakan Pramuka dalam karya nyatanya akan melakukan pengabdian terhadap pembangunan masyarakat melalui Perkemahan Wirakarya terebut.
  6. Warna Hijau dan Biru merupakan warna langit, darat, dan air alam Jambi.


Maskot Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Dikutip dari Wikipedia Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan. Maskot pada umumnya merepresentasikan kepada masyarakat luas dari sekolah, universitas, klub olahraga, ataupun pengembangan atas suatu produk komersial. Setiap maskot yang dibuat akan diberikan nama panggilan yang sesuai dengan karakter dari maskot itu sendiri.

Dengan begitu PW Nasional juga memiliki maskot untuk memeriahkan acara dan identitas dari Tuan Rumah penyelenggara PW Nasional dalam hal ini Kwarda Jambi. Adapun Logo PW Nasional 2021 bernama RIMAU yang diambil dari nama Harimau Sumatera. 

Adapun Makna maskot ini adalah: Maskot PW Nasional 2021 diberi nama ”Rimau” yang diambil dari nama Harimau Sumatera. Harimau Sumatera merupakan satwa endemik Indonesia yang populasinya saat ini tersebar dalam populasi-populasi kecil di dalam dan di luar kawasan konservasi di Sumatera. 

Harimau Sumatera merupakan binatang yang bertugas menjadi penjaga keseimbangan ekosistem. Harimau Sumatera juga binatang yang hidup berkelompok dengan spesies jantan sebagai pemimpin dan pengayom. 

Oleh karenanya diharapkan setiap peserta PW Nasional 2021 dapat bekerjasama, menjalin persaudaraan dan mampu berinteraksi antar sesama peserta atau masyarakat untuk bersama-sama memberikan kontribusi terbaik dalam pembangunan bangsa dan negara.


Pelaksanaan Kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional 2021

Dikutip dari Petunjuk Pelaksaaan (Juklak) Perkemahan Wirakarya Nasional 2021, pelaksanaan kegiatan PWN Tahun 2021 disusun sebagai berikut: 

  1. Peserta perkemahan akan dibagi kedalam dua jenis yaitu: 
    1. Peserta yang mengikuti kegiatan secara luring hadir di Bumi Perkemahan Abdurahman Sayuti Musa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi dan 5 (lima) desa di Kabupaten Batang Hari.
    2. Peserta yang mengikuti kegiatan secara daring hadir di masing- masing Kwartir Daerah.

  2. Kegiatan tingkat Provinsi diikuti oleh seluruh warga perkemahan secara bersamasama dan diselenggarakan oleh pimpinan perkemahan.

  3. Kegiatan PWN Tahun 2021 terpusat di Jambi akan terbagi menjadi kegiatan main camp dan sub camp.

  4. Kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum, baik yang bersifat bakti maupun gelar seni budaya.

  5. Kegiatan paket diikuti oleh seluruh peserta sesuai dengan jadwal.


Download Logo PW Nasional 2021 PNG dan Maskot PW Nasional 2021 PNG

Logo PW Nasional 2021 PNG dan Maskot Nasional 2021 PNG bisa sobat download pada link dibawah ini. Download Disini

Untuk mendapatkan Panduan Lengkap Tentang Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional 2021 dapat sobat Download Disini


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat