Tips dan Trik Usaha Kuliner

Tips dan Trik Usaha Kuliner




Tips dan Trik Usaha Kuliner bisa datang dan di dapat dari mana saja, karena begitu banyak tersebar baik di majalah, blog atau video-video pembelajaran wirausaha.

Karena salah satu usaha yang tidak ada matinya adalah usaha kuliner, semua orang pasti butuh makan. Baik dia makanan ringan atau makanan berkarbohidrat yang setiap hari akan dicari.

Banyak yang terjun ke bisnis ini karena peluangnya yang begitu bagus. Namun usaha yang kita jalankan pastinya memiliki umur yang sewaktu-waktu bisa saja ramai dan bisa saja sepi bahkan mati. Meskipun kita sudah berusaha mempertahankannya akan ada saja permasalahan yang datang silih berganti. Meskipun demikian, setidaknya kita mendapatkan ilmu dari kegagalan yang kita hadapi.

Untuk itu di sini saya akan membahas beberapa Tips dan Trik bagi sobat yang ingin memulai usaha kuliner. Agar sobat tidak hanya sekedar punya modal dan membuka usaha tapi tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Apa saja kira-kira Tips dan Trik Usaha Kuliner ? Simak pembahasan di bawah ini

1. Tentukan Target Pasar



Target pasar adalah orang-orang atau konsumen yang menjadi sasaran dari penjualan produk Sobat. Pada umumnya target pasar ini memiliki karakteristik yang sama baik pada sisi budaya, kebiasaan, demografi, dan lainnya. 

Dengan menentukan target pasar untuk penjualan produk sobat maka akan memiliki manfaat seperti
  • Meningkatkan penjualan
  • Mengetahui modal yang diperlukan
  • Mengantisipasi persaingan di pasar
  • Memudahkan konsep dalam promosi
  • Dapat membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan

Dengan mengetahui target pasar dari produk kita sangat penting bagi yang baru mulai atau yang ingin meningkatkan penjualan. Karena dengan mengetahui target pasar memudahkan kita dalam menentukan untuk menjual produk yang tepat.

Atau sobat bisa baca selengkapnya di www.niagahoster.com tentang menentukan target pasar.


2. Pilih Usaha Kuliner Yang Tepat



Setelah mengetahu target pasar untuk produk sobat dan sudah mendapat gambaran seperti apa pelanggan yang menjadi sasaran dari usaha sobat. Selanjutnya adalah memilih Usaha Kuliner Yang Tepat.

Usaha kuliner sangat banyak ragamnya ditambah pesaing yang sudah terlebih dahulu terjun ke dalam usaha ini. Pilih Usaha Kuliner sesuai dengan target yang sudah di tentukan. Ini adalah awal dari semuanya jadi pastikan sobat memilih usaha kuliner yang tepat.

3. Hitung Modal Yang Dibutuhkan



Modal adalah salah satu hal yang paling sering dipertimbangkan setiap kali ingin membuka suatu usaha. Karena dengan modal semua bisa dijalankan. 

Namun saat ini modal untuk membuka usaha tidaklah sulit untuk mendapatkannya. Karena sudah banyak Bank penyedia pinjaman untuk usaha terutamanya UMKM. Atau bisa juga dengan mengajak atau mencari beberapa orang untuk bekerja sama.

Dalam hal ini sobat sebaiknya membuat laporan keuangan agar tidak ada kesalahan dalam pengeluarannya. Berhati-hati dalam penggunaan modal awal usaha sobat.

4. Survei dan Observasi Pesaing



Survei dilakukan untuk mengumpulkan informasi terbaru yang bermanfaat untuk memulai usaha . Dengan dilakukannya survei, sobat dapat mengetahui kebutuhan, dan keinginan konsumen terhadap usaha yang akan dibuka.

Terlebih untuk pesaing kita harus melakukan Observasi agar mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Dengan data ini kita dapat membuat usaha yang memiliki perbedaan untuk diberikan kepada pelanggan.

5. Tentukan Lokasi Usaha



Lokasi, lokasi, dan lokasi. Prinsip  awal yang harus dipikirkan ketika ingin memulai usaha. Terutama ketika sobat ingin memulai usaha kuliner. Lokasi berperan penting bagi usaha kuliner. Sobat pastinya tidak mau kan, usaha yang sepi akan pelanggan hanya karena sobat salah memilih tempat untuk jualan?

Karena itu, saya mengumpulkan beberapa tips untuk membantu Sobat menentukan lokasi usaha:
  • Pilih tempat yang mudah kelihatan
  • Ukuran tempat yang sesuai
  • Adanya area parkir
  • Memiliki fasilitas dasar seperti listrik dan air
  • Lingkungan yang sehat

6. Promosi Usaha



Selanjutnya adalah melakukan Promosi Usaha sobat, Karena semakin gencar promosi yang sobat lakukan maka semakin banyak pelanggan yang datang. Ditambah lagi saat ini semua sudah serba digital.

Promosi melalui media sosial saat ini adalah yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan. Seperti Instagram, Facebook, Google Bisnis, Youtube, Tiktok dan banyak lainnya.

Sebisanya sobat menggunakan seluruh platform terutama pada pemanfaat review di local guide. Dan juga jangan lupa menandai usaha sobat di Google Maps.


7. Mencari Rekan Bisnis Yang Memiliki Tujuan Untuk Maju



Sobat bebas menentukan memulai usaha kuliner dengan siapa saja. Bila sobat perlu bantuan orang lain baik sebagai karyawan  atau ingin mengelola bersama usahakan memilih orang yang benar-benar mau diajak maju bersama.

Jangan sampai progres usaha sobat menurun hanya karena ulah orang-orang yang sobat ajak bekerja sama kurang memberikan sisi terbaik kontribusinya terhadap usaha yang dijalankan. Mempercayakan usaha pada orang-orang terpilih, maka usaha sobat jauh lebih berkembang dan maju karena memiliki satu visi dan misi.


Penutup

Demikianlah Tips dan Trik Usaha Kuliner semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang ingin memulai usaha atau mengembangkan usaha kulinernya.

Jangan lupa share artikel ini jika sobat rasa ada manfaatnya untuk orang lain. Terimakasih


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat