Wisata Pemandian Air Panas Di Mandailing Natal

Wisata Pemandian Air Panas Di Mandailing Natal


Sebagai salah satu daerah yang memiliki gunung berapi aktif normal yaitu gunung Sorik Marapi. Tentunya memiliki sumber mata air yang bersuhu panas. Dan bisa dijadikan sebagai tempat pemandian air panas yang menyegarkan.


Setelah berendam di pemandian air panas ini tubuh sobat akan terasa segar kembali. Selain membuat badan segar, mineral yang terkandung di dalamnya juga bisa menyehatkan. Karena itulah tempat seperti ini sangat banyak dicari oleh wisatawan.

Pemandian Air Panas di Mandailing Natal sangat banyak, namun beberapa tempat dikelola agar bisa dinikmati. Untuk saat ini ada beberapa tempat yang belum layak pakai untuk mandi.

Nah berikut ini kita akan bahas Wisata Pemandian Air Panas di Mandailing Natal yang tersebar di beberapa tempat.

1. Pemandian Air Panas Purba Julu


sumber: startfmmadina.com

Yang pertama adalah Pemandian Air Panas Purba Julu karena tempat ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pemandian Air Panas ini terletak di desa Purba Julu.

Salah satu yang menarik di sini adalah airnya yang mengalir seperti sungai pada umumnya. Menjadikannya air yang selalu kita pakai mandi tidak itu-itu saja seperti kolam. Ukuran kedalamannya juga bisa sobat nikmati. Jika sobat penggemar mandi sambil duduk bisa, bahkan jika mau berenang juga bisa. 

Jika sobat membawa anggota keluarga, pemandian untuk wanita ada di hilir sungai. Sebelah kiri dari jalan utama.

Jam Buka: 24 Jam setiap harinya.
Biaya MasukTIDAK ADA karena memang pemandiannya terbuat dari alam dan tidak di olah agar tidak mengurangi nuansa alamnya. Tapi jika sobat kelupaan untuk membawa basahan, mereka menyewakan dengan harga Rp. 2.000,- /orang.

2. Pemandian Air Panas Hutaraja

sumber: pariwisatasumut.com

Kedua adalah Pemandian Air Panas Hutaraja yang sebenarnya memiliki sumber mata air dan aliran yang sama dengan yang ada di Purba Julu. Tapi menurut yang saya tahu memiliki suhu yang cukup jauh berbeda.

Kalau sobat sudah mencoba mandi di Purba Julu dan kurang merasakan panasnya. Sobat bisa mencoba di Pemandian Air Panas Hutaraja ini. Di sini memiliki suhu yang cukup tinggi tapi masih bisa digunakan untuk mandi. Biasanya orang yang mandi di tempat ini adalah mereka yang cukup kecapekan dalam beraktifitas. Karena seperti yang saya bilang mandi air panas bisa menyegarkan kembali tubuh sobat.

Sama seperti di Purba julu, untuk:
Jam Buka: 24 Jam setiap harinya.
Biaya MasukTIDAK ADA karena memang pemandiannya terbuat dari alam dan tidak di olah agar tidak mengurangi nuansa alamnya. Tapi jika sobat kelupaan untuk membawa basahan, mereka menyewakan dengan harga Rp. 2.000,- /orang.


3. Pemandian Air Panas Sibanggor Tonga

sumber: travel.okezone.com


Ketiga ada Pemandian Air Panas Sibanggor Tonga yang sudah melegenda. Kenapa saya bilang melegenda ? Karena masyarakat Mandailing Natal jika ingin mandi air panas maka yang disebut adalah Aek Milas Sibanggor (Air Panas Sibanggor).

Pemandian air Panas ini berada yang berada di Desa Sibanggor Tonga ini memiliki perbedaan dari yang diatas. Jika sebelumnya pemandian di sepanjang sungai, disini pemandiannya di desain menjadi kolam.

Ada kolam untuk laki-laki dan ada kolam untuk wania. Selain itu disini juga sobat bisa merebus telur dari air panas yang keluar dari sela-sela batu disamping pemandian.

Jam Buka: 24 Jam setiap harinya.
Biaya MasukTIDAK ADA, Dibuka bebas untuk umum

4. Pemandian Air Panas Putaran

sumber: azhartanjung.wordpress.com

Selanjutnya yang keempat adalah Pemandian Air Panas Putaran yang terletak di antara Kecamatan Panyabungan Selatan dan Kecamatan Batang Natal. Memiliki sumber mata air yang jernih membuat pemandian ini menjadi sangat menyegarkan.


Karena tempatnya di pegunungan menjadikan aliran yang berundak-undak. Selain ditempat ini udaranya masih sejuk karena masih dikelilingi hutan Taman Nasional Batang Gadis.

Jam Buka: 24 Jam setiap harinya.
Biaya MasukTIDAK ADA, Dibuka bebas untuk umum


5. Pemandian Air Panas Siabu

sumber: startfmmadina.com

Yang kelima adalah Pemandian Air Panas Siabu yang terletak di Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu. Tempat ini juga dikenal dengan nama Aek Milas Siancing karena berada di kawasan pegunungan siancing.

Air panas yang langsung keluar dari perut bumi ini dibuat bentuk kolam. Namun untuk menjaga kebersihannya sobat hanya boleh mandi menggunakan gayung. Tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan wisatawan

Jam Buka: 24 Jam setiap harinya.
Biaya MasukTIDAK ADA, Dibuka bebas untuk umum


Akhir Kata

Itulah beberapa Wisata Pemandian Air Panas di Mandailing Natal yang bisa sobat kunjungi bersama keluarga. Tempat yang cocok untuk menyegarkan kembali tubuh yang sudah lelah seharian bekerja atau aktifitas lainnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat. Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ke teman-teman yang lain.

 

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat