Peran Saka Nasional Tahun 2021 Logo, Maskot dan Tempat Kegiatan

Peran Saka Nasional Tahun 2021 Logo, Maskot dan Tempat Kegiatan


Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Nasional atau disingkat Peransakanas adalah pertemuan antar pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam SAKA. Dihelat secara nasional dan diselenggarakan dalam sekali dalam lima tahun.


Setelah Peransakanas tahun 2015 di Kwarda Sulawesi Tenggara. Harusnya di tahun 2020 akan dilaksanakan. Namun karena pandemi Covid-19 yang melanda terpaksa di tunda sampai 2021.

Peransaka Nasional 2021

1. Tempat Pelaksanaan Peransaka Nasional 2021


Adapun tempat diselenggarakannya Peransaka Nasioanl 2021 ini adalah di Kwartir Daerah Bangka Belitung. Yang sebelumnya tempat diselenggarakannya Perkemahan Bakti Saka Widya Budaya Nasional 2018 silam. Tepatnya di Bumi Perkemahan Depati Amir Kwarda Babel, Balun Ijuk, Kabupaten Bangka.

Sukses sebagai tuan rumah Perkemahan SWBB, menjadikan Bangka Belitung percaya diri untuk menjadi tuan rumah Peransaka Nasional 2021 ini. Kwarda Bangka Belitung sendiri sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari terkait kegiatan ini. Seperti keterangan pers di media online pramuka bangka belitung www.pramukababel.or.id.


2. Waktu Pelaksanaan Peransaka Nasional 2021

Sebelum adanya pandemi Covid 19 ini, pelaksanaan Peransakanas sudah ditetapkan pada tanggal 1 - 7 Desember 2020. Tapi apa daya rencana datang dari manusia tapi keputusan Tuhan yang mengatur.

Untuk saat ini belum ada tanggal yang pasti. Namun dari perkiraan Pelaksanaan Peransaka Nasional ini akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. 

Untuk informasi tanggal belum bisa dipastikan karena pandemi Covid 19 belum juga reda. Untuk itu kita sama-sama berdoa agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan cepat dan aman.

3. Peserta Peransaka Nasional 2021

Adapun peserta untuk kegiatan Peransakanas 2021 ini adalah seluruh Satuan Karya Pramuka tingkat Nasional yang berjumlah 11 Saka, yaitu:

  • Saka Bhayangkara
  • Saka Wirakartika
  • Saka Bahari
  • Saka Dirgantara
  • Saka Wana Bakti
  • Saka Bakti Husada
  • Saka Kencana
  • Saka Widya Budaya Bakti
  • Saka Pariwisata
  • Saka taruna Bumi
  • Saka Kalpataru

Setiap Kwartir Daerah mengirimkan 20 orang per saka. Yang nantinya akan berjumlah 220 setiap Kwartir Daerah. Kecuali Kwartir Daerah Bangka Belitung sebagai tuan rumah dimana setiap Kwartir Cabangnya juga mengirim peserta untuk kegiatan ini.

Dan jika dihitung-hitung total peserta diperkiraan berjumlah 7 - 8 ribu pramuka dari seluruh tanah air. Lagi-lagi karena pandemi Covid 19 terpaksa peserta harus dikurangi demi menjaga keselamatan peserta.

4. Logo dan Maskot Peransaka Nasional 2021


Jika pada Peransakanas 2015 logonya merupakan siluet menara kota kendari dan tunas kelapa, maskotnya Ka'Noa serta temanya adalah "“Satuan Karya Pramuka, Bersatu dan Berkarya Untuk Indonesia". 

Untuk Peransakanas 2021 ini logo yang dibuat memiliki makna tentang kestabilan berpikir dan kesiapan generasi milenial terhadap revolusi 4.0.

Untuk maskot nya sendiri diberi nama Kak Tilen yang merupakan fauna identitas Bangka Belitung yaitu Tarsius Bancanus. 

Akhir Kata

Peransakanas 2021 menjadi ajang pertemuan untuk pramuka penegak dan pandega anggota saka selain Raimuna dan PW Nasional. 

Demikianlah artikel Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Nasional 2021 ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat. Silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat