Ide Usaha di Mandailing Natal Yang Patut Dicoba

Ide Usaha di Mandailing Natal Yang Patut Dicoba


Ide usaha muncul tergantung kepada daerah yang ditempati. Misalnya saja Mandailing Natal yang merupakan Kabupaten dengan berbagai potensi usaha yang bisa dikembangkan.


Usaha memang tidak akan bisa langsung besar, harus kita rintis dari awal dengan bermodal tekad, kemauan dan sedikit ilmu.

Di sini saya akan membahas tentang Ide Usaha di Mandailing Natal Yang Patut Coba. Bisa sebagai usaha sampingan atau pekerjaan utama.

Ide Usaha di Mandailing Natal Yang Patut Coba

1. Usaha Catering

sumber: pixabay.com

Perayaan seperti Ulang Tahun, Wisuda, Kelulusan Sekolah dan Pesta membutuhkan makanan dengan porsi yang cukup banyak. Catering di Mandailing Natal memang belum populer, namun kedepannya bisnis ini sangat menjanjikan.

Selain itu kantor-kantor juga sering mengadakan pertemuan yang tentunya membutuhkan makanan yang siap konsumsi. Jika dimulai dari sekarang maka, usaha catering ini akan semakin dikenal orang dan memiliki nama yang besar.

2. Usaha Suvenir Pernikahan

sumber: wolipop.detik.com

Jika datang ke pesta pernikahan, rasanya kurang lengkap jika tidak ada suvenir. Dan ada juga yang memberi suvenir namun kurang menarik karena tidak memiliki desain yang kreatif.

Dari sini bisa sobat temukan ide bisnis selanjutnya. Yaitu Usaha Suvenir Pernikahan yang tentunya dengan motif dan desain yang kreatif. 

Banyak referensi tentang ide-ide kreatif pembuatan suvenir dengan harga yang terjangkau. Usaha ini juga bisa masuk kepada acara-acara besar lainnya.

3. Agen Perjalanan Liburan/Wisata

sumber: pixabay.com

Jika sudah memasuki masa-masa liburan banyak yang akan berlibur keluar daerah bahkan luar negeri. Dari semuanya ada beberapa yang tidak memiliki kendaraan yang bisa membawa kemana saja. Atau bahkan merasa capek jika harus membawa sendiri kenderaannya.

Agen Perjalanan Wisata bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan, sobat tidak perlu memiliki mobil atau semacamnya. Tapi menjalin kerja sama dengan pihak ketiga sebagai penyedia kenderaan.

Usaha ini bisa dilakukan bersama rekan-rekan yang mempunyai visi yang sama. Karena sudah pasti memiliki modal dan relasi yang luas.

4. Menjadi Dropshipper

sumber: cermati.com

Dropshipper menjadi pilihan yang cocok di masa seperti ini, di mana banyak orang yang melakukan belanja melalui online. Tapi karena banyak kasus penipuan mereka ingin memilih orang yang dipercayai.

Dropshipper berbeda dengan reseller. Reseller adalah orang yang menjual barang dengan nama usaha orang lain. Sedangkan Dropshipper adalah menjual barang tapi dengan nama toko sendiri. 

Yang artinya bisa membuka toko dengan nama sendiri tapi tanpa modal. Karena stok barang berasal dari agen yang menjadi induk para Dropshipper.

5. Membuka Jasa Titip

sumber: liputan6.com

Jika sobat tidak berminat menjadi seorang Dropshipper karena ada alasan lain. Sobat bisa membuka usaha Jasa Titip. Usaha sedang trend di kalangan milenial, ketika mereka ingin membeli barang dari luar daerah tapi tidak mendapatkannya di toko online.

Sobat bisa membuka usaha ini yang tentunya sobat juga harus memiliki teman-teman di kota-kota besar yang bisa mengirimkan barang tersebut. Usaha ini bisa dijalankan karena tidak harus memiliki modal awal. Bisa sebagai usaha sampingan bagi sobat yang hobi belanja. Sekalian belanja untuk keperluan pribadi juga bisa membantu teman-teman yang lain. Ongkos kirimnya menjadi lebih murah.

6. Membuka Jasa Kursus

sumber: golden-course.com

Jika sobat memiliki keahlian dalam satu bidang dan punya pengalaman yang cukup. Bisa nih buka jasa kursus baik kursus musik, les privat, menari dan lain sebagainya.

Kursus adalah ide usaha yang memiliki jangka waktu yang sangat panjang. Banyak yang mencari jasa ini, namun karena tidak ada yang menyediakan sehingga tidak ada pasarnya.

Jika sobat memiliki kemampuan khusus, jasa kursus adalah usaha yang menjanjikan.

Ingin Memasarkan Bisnis Sobat ? Jangan Lupa Buat Website

Menurut survey tahun 2020 pengguna internet di Indonesia mencapai angka 196,7 juta jiwa. Yang artinya hampir seluruh masyarakat Indonesia mencari informasi di Internet.

Meskipun ada beberapa yang tidak dilakukan secara online, namun sebuah bisnis sangat perlu memiliki website. Alasan yang pertama karena pesaing di pasar adalah mereka yang memiliki website untuk bisnis. Karena memiliki informasi usaha yang lengkap.

Alasan selanjutnya, adalah membuat website tidak perlu keahlian khusus. Ada platform seperti Wordpress dan Blogger.

Jika sobat ingin jasa pembuatan website. Di sini saya menyediakan paket pembuatan website. Silahkan baca Jasa Pembuatan Website Murah. Ada beberapa paket yang saya sediakan dengan harga yang berbeda.

Terlalu mahal ? saya sediakan diskon untuk pembelian pertama untuk pembuatan website. Silahkan hubungi saya melalui email dengan klik Disini atau WhatsApp saya klik Disini.

Akhir kata

Itulah beberapa Ide Usaha di Mandailing Natal Yang Patut Dicoba yang tentunya memiliki potensi besar. Artikel tentang Ide Usaha ini akan terus di update sesuai dengan perkembangan ekonomi di Mandailing Natal. Jadi jika sobat ingin tahu informasi selanjutnya silahkan subscribe melalui email pada kotak Newsletter.

Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk di share ke teman-teman yang lain. Atau kalau sobat memiliki kritik dan masukan silahkan berkomentar dibawah.

Terimakasih.

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat