Wisata Sawah Sabarang Kotanopan Destinasi Wisata Baru

Wisata Sawah Sabarang Kotanopan Destinasi Wisata Baru


Kotanopan menjadi salah satu daerah yang terbilang masih terasa suasana pedesaannya. Udara juga masih terasa alami tanpa adanya polusi dari kenderaan bermotor.


Suasana pedesaan sekarang menjadi tempat wisata favorit karena memberikan ketenangan. Selain itu keramahan penduduknya juga memberikan kita kebahagiaan tersendiri.

Bicara tempat Wisata di Kotanopan, akan banyak opsi yang keluar. Baru-baru ini ada wisata terbaru di Kotanopan yang bertemakan persawahan.

Wisata Sawah Sabarang namanya, wisata ini berlokasi di Desa Muarasoro Kecamatan Kotanopan. Sebuah tempat wisata yang berada tepat di atas persawahan warga.

Tempat yang memiliki konsep seperti ini memang sudah pernah ada di Mandailing Natal. Tepatnya di Wisata Pastap Julu Kecamatan Tambangan. Tapi saya akui yang ada di Kotanopan ini memiliki konsep yang lebih mendetail dan kelebihan tersendiri.

Wisata Sawah Sabarang Kotanopan


Jika sobat merasa perlu untuk mengistirahatkan pikiran dengan menikmati alam. Maka jawabannya salah satunya adalah Wisata Sawah Sabarang Kotanopan. 

Wisata ini baru saja dibuka untuk umum dan belum sepenuhnya selesai dengan sempurna. Namun antusias masyarakat yang begitu tinggi membuat tempat ini begitu ramai dikunjungi.

Tempatnya sendiri berada di ujung Kotanopan mendekati Kecamatan Muarasipongi. Jika diukur durasi perjalanan dari Panyabungan sekitar 1 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Tapi perjalanan 1 jam tidak akan membosankan karena sobat akan menikmati perjalanannya. Karena sobat akan melihat suasana desa yang menyenangkan.

Baca Disini jika sobat ingin membaca rekomendasi wisata lainnya di Mandailing Natal.

Di Wisata Sawah Sabarang Kotanopan ini sobat akan menikmati pemandangan sawah yang terhampar dari jembatan yang terbuat dari bambu.  Ada pondok-pondok jika sobat ingin istirahat untuk sekedar duduk-duduk.

Kalau sobat ingin dan suka foto-foto, bisa dibilang semua tempat di wisata ini sangat bagus untuk tempat berfoto untuk mengabadikan momennya.

sumber: https://www.facebook.com/nur.madayanalubis.7

Dari jauh sudah bisa kita lihat kalau di tempat ini memiliki keindahan tersendiri. Alam yang asri, sawah hijau yang terhampar luas. Semua menjadi satu dalam Wisata Sawah Sabarang Kotanopan.

1. Tiket Masuk dan Parkir

Agar bisa memasuki tempat ini sobat tidak perlu membayar mahal-mahal. Untuk saat ini harga tiket masuk perorangnya dikenakan sebesar Rp. 2.000,- tidak ada batasan orang dewasa dan anak-anak.

Tapi penting diingat. karena tempat ini dikelola oleh perorangan jadi harga tiketnya relatif dan bisa berubah sewaktu-waktu. Karena kita juga sadar bahwa harga tersebut jauh dibawah standar biasanya.

Namun sudah sangat cukup bagus, mungkin saja Strategi Marketing untuk memperkenalkan tempat wisata ini ke khalayak ramai. 


Sedikit yang mengecewakan adalah tarif parkir yang ditetapkan mungkin untuk sebagian orang terlalu tinggi. Tarif parkir bisa lebih mahal daripada harga tiket masuknya. Untuk satu sepeda motor dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 5.000,-

Memang di beberapa tempat wisata di Mandailing memiliki tarif parkir yang sama kecuali yang dikelola oleh pemerintahan. Mungkin kedepannya bisa diberikan masukan kepada pihak pengelola untuk mengkaji ulang tarif parkir yang ditetapkan.


2. Perjalanan Ke Tempat Wisata

Untuk perjalanan ke tempat Wisata Sawah Sabarang Kotanopan ini seperti yang saya jelaskan diatas, bisa menggunakan kenderaan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Karena tempat ini tidak terlalu jauh dari jalan utama.

Untuk waktu tempuhnya sendiri rata-rata berkisar 1 - 1,5 jam tergantung kecepatan sobat dalam berkendara. Tapi tidak lupa saya ingatkan jagalah keselamatan dalam berkendara.

Selain dengan kendaraan pribadi, sobat juga bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot. Angkutan umum yang biasa digunakan untuk ke Kecamatan Kotanopan adalah Angkot dengan nomor 03.


Ongkos jika menaiki angkutan umum disekitaran Rp. 10.000,- - Rp. 15.000,- per orang. Pangkalannya berada di Pasar Lama dan Pasar Baru Panyabungan.

Akhir Kata

Wisata Sawah Sabarang Kotanopan menjadi salah satu tempat wisata baru di Mandailing Natal. Dan saat ini sedang viral di Media Sosial anak-anak Panyabungan, Mandailing Natal.

Untuk sobat jika memiliki saran dan masukan untuk artikel ini, silahkan berikan komentar dibawah ya. Saya sangat berharap sobat memberikan kritik dan saran terhadap artikel-artikel saya.

Demikianlah artikel Wisata Sawah Sabarang Kotanopan Destinasi Wisata Baru ini, mudah-mudah bisa bermanfaat untuk sobat. Jika sobat merasa artikel ini menarik jangan lupa untuk dibagikan ke teman-teman yang lain ya.




Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat