10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop


Di era digital sekarang ini, kebutuhan alat elektronik seperti laptop telah masuk kedalam kebutuhan primer. Apalagi disaat pandemi seperti ini, yang mengharuskan kita bekerja, atau belajar dari rumah.


Disini saya akan membahas Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop untuk sobat bisa gunakan sebagai referensi.


Laptop adalah komputer yang didesain untuk bisa dibawa kemana-mana yang beratnya 1-6 kilogram tergantung dari desain laptop itu sendiri. Karena laptop diciptakan agar bisa digunakan dimana saja tanpa listrik. 


Laptop dilengkapi dengan baterai yang bisa di isi ulang ketika daya baterai ini sudah habis. Kita tahu bahwa laptop memang memiliki proses yang lebih lambat dari PC desktop. 


Tapi hal itu tidak menjadi begitu berarti ketika kita memikirkan kegunaannya saat berada diluar ruangan. Kebutuhan-kebutuhan itulah yang membuat orang berlomba-lomba membeli laptop ketimbang PC desktop.


Seiring perkembangan jaman banyak vendor-vendor Laptop yang telah mengeluarkan produk mereka dengan berbagai macam jenis dan type. Semakin kesini semakin banyak jenis dan type yang ditawarkan untuk kita. 


Namun semakin banyak pilihan justru membuat kita semakin bingung merek, jenis, dan type apa yang bagus dan sesuai dengan keadaan dompet.


Sobat bisa mencari referensi di Google untuk menentukan merek, jenis dan type seperti apa yang diinginkan. Semakin banyak referensi maka semakin selektif sobat dalam menentukan pilihan, sehingga mendapat laptop yang benar-benar sesuai dengan sobat.


Tapi sebelum sobat mencari referensi lain di Google, disini juga saya akan merangkum beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop. 


Ini saya tulis menurut pengalaman pribadi dan hasil membaca artikel-artikel di Google. Jadi daripada sobat bingung mencari diantara ribuan referensi, saya akan merangkumnya untuk sobat di dalam artikel ini.


Baiklah langsung saja kita bahas 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop.


Menentukan Kebutuhan Penggunaan



Sebelum memutuskan membeli laptop, sobat harus menentukan kebutuhannya. Apakah laptop ini nantinya hanya untuk mengetik, browsing, menonton, dan mendengar musik. Atau untuk kebutuhan tambahan seperti desain, edit video, game atau bahkan pemrograman.

Dengan menentukan kebutuhan maka sobat bisa memilah diantara banyaknya pilihan sehingga mengerucutkan pilihan pada spesifikasi tertentu. Sobat harus menentukan kebutuhannya minimal 3 tahun kedepan mulai dari sekarang. 

Jangan sampai sudah menghabiskan uang banyak setibanya dirumah merasa tidak puas dengan apa yang sudah dibeli. Jangan juga tergiur dengan tawaran-tawaran murah yang diberikan penjual. Karena biasanya harga murah berujung pada penyesalan.


Spesifikasi Laptop

sumber: techradar.com


Spesifikasi merupakan hal inti dari laptop tersebut, salah-salah bisa membuat performanya tidak seperti yang kita harapkan. Banyak kasus mereka membeli laptop gaming dengan iming-iming Prosesor Core i5 tapi tidak tahu Core i5 generasi keberapa. Semakin tinggi generasi Prosesornya maka performa yang diberikan lebih bagus.

Untuk itu sobat perlu mengenali nih spesifikasi laptop yang akan dibeli nantinya. Mulai dari penyimpanan internal yang digunakan HDD atau SSD. Untuk saat ini SSD adalah penyimpanan internal yang paling bagus. Karena kecepatannya dalam membaca data jauh lebih baik dari HDD juga dalam soal umur yang lebih tahan lama dan tidak cepat rusak tentutnya.

Selanjutnya sobat harus mengetahui RAM yang digunakan jenis DDR apa dan berapa kecepatannya. Semakin bagus RAM nya semakin kencang laptop ketika membuka aplikasi atau program lainnya. Spesifikasi lainnya adalah VGA, meskipun RAM dan Penyimpanan Internalnya bagus jika tidak ditopang dengan VGA maka semua hanya sia-sia. VGA tergantung kepada kebutuhan sobat seperti yang saya sebutkan di poin pertama.

Contoh Gambaran Spesifikasi Laptop :

Core i5 gen 7, 8 GB RAM DDR4, 500 GB HDD, VGA Nvidia 2 GB.
Core i3 gen 8, 4 Gb RAM DDR4, 512 GB SSD, VGA Intel.


Daya Tahan dan Umur Baterai

sumber: Unbox.id


Karena laptop diciptakan untuk bisa digunakan dimana saja tentu baterai merupakan hal yang paling wajib dibahas. Karena jika baterai cepat habis dan umur pemakaiannya tidak lama sama saja kita lebih baik membeli PC desktop karena ujung-ujungnya tetap menggunakan Listrik agar tetap bisa digunakan.

Baterai laptop saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang bisa menjamin baterainya tahan diatas 10 jam. Namun semua memiliki harga, semakin bagus maka siap-siap mengeluarkan uang yang lebih banyak. Daya tahan dan umur baterai berpengaruh kepada perawatan yang kita lakukan. Jika daya tahan dan umur nya rendah. Alamatnya laptop akan selalu keluar-masuk rumah sakit. heheh

Ada banyak spekulasi bahwa teknologi baterai yang sekarang bisa di charge sambil dipakai. Memang tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Baterai memiliki life cycle yang berarti memiliki umur. Jika terus-terusan dipakai sambil charge maka baterai akan semakin melemah hingga berakibat baterai rusak.


Layar Yang Digunakan



Seperti poin pertama, sobat harus menentukan kebutuhan dari laptop itu sendiri. Karena layar juga memiliki kemampuan dalam merangkum warna se detail yang dia bisa. Jika sobat ingin menggunakan untuk desain, edit video dan sejenisnya sobat harus melihat cakupan warna yang dihasilkan oleh layar.

Selain itu, ukuran layar juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Karena laptop adalah komputer yang ingin dibawa kemana-mana. Otomatis berat mempengaruhinya semakin kecil layarnya maka semakin ringan. Tapi sobat harus memikirkan fungsi dari laptop tersebut.


Jarak Antar Tombol Keyboard



Pasti sobat tidak pernah kepikiran hal ini sebelumnya. Laptop sudah pasti akan digunakan untuk mengetik baik dia banyak atau hanya sekedar. 

Hal kecil seperti jarak antar tombol keyboard ini sering dilewatkan orang-orang karena terfokus kepada spek dan harga.

Kecepatan mengetik seseorang juga dipengaruhi oleh jarak antar tombol ini loh. Semakin dekat jaraknya maka sobat akan merasa semkin sempit pergerakan jari ketika sedang mengetik. 

Selain itu juga jarak menjadikan tangan pegal karena tidak memiliki ruang untuk bergerak. Dan tentunya akan berdampak kepada hasil ketikannya. Untuk kedepannya jangan lupakan poin yang ini.


Desain Laptop

sumber: asus.com


Keindahan adalah salah satu kunci kepuasan dari barang yang kita beli. Sekarang ini sudah sangat banyak desain laptop yang bagus. Diantara semua desain yang paling diperhatikan adalah ketebalan laptop karena berdampak pada beratnya.

Desain yang futuristik bisa membuat orang yang meliriknya langsung tertarik. Tapi diluar itu yang perlu diperhatikan adalah ketahanan body laptop tersebut. Terutama dibagian engsel, sebab engsel yang tidak kuat akan membuat kerusakan pada layar.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari desain adalah jarak body bawah laptop dengan alas. Jika tidak ada jarak antara body dan alas maka panas laptop tidak akan keluar dengan sempurna. Akhirnya berujung kepada laptop menjadi lelet dan sobat menjadi tidak nyaman dalam menggunakannya.


Konektivitas Yang Tersedia

sumber: termasmedia.com


Banyak yang sudah membeli laptop akan tetapi tidak memperhatikan konektivitas pada laptop itu sendiri. Misalnya saja pada port HDMI/VGA yang berfungsi untuk menghubungkan projektor tidak terdapat pada laptop yang dibeli. Terpaksa harus membeli peralatan tambahan yang seharusnya sudah kita dapatkan pada laptop tersebut.

Konektivitas penting yang harus diperhatikan adalah port USB, port HDMI/VGA, Wifi, dan Bluetooth. Yang paling penting adalah port USB, setidaknya laptop yang dibeli memiliki 3 port. Karena kebanyak perangkat pendukung lainnya seperti Mouse, Flashdisk, Modem dan lainnya memerlukan port USB untuk menyambungkannya dengan laptop.


Mengetahui Pasaran Harga



Semakin banyaknya laptop tersedia dipasaran maka harganya semakin bervariasi, mulai dari yang jutaan sampai dengan ratusan juta. Yang membuat kita bingung adalah banyak laptop memiliki harga yang sama akan tetapi dengan spesifikasi yang berbeda. 

Agar nantinya tidak tertipu disaat membeli laptop sobat harus mengetahui harga pasar untuk laptop yang akan dibeli. Banyak yang sudah salah beli karena tidak mengetahui harga pasarannya. Selain dengan melihat di Google sobat bisa membandingkan antar satu toko dengan toko lainnya.


Sisitem Operasi

sumber : daemonkitty.net


Sistem Operasi atau biasa orang menyebutnya sebagai OS merupakan hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai kita membeli laptop dengan sistem operasi bajakan. Karena semua merek laptop sudah menjual laptopnya sepaket dengan sistem operasi original.

Sistem operasi bajakan akan berakibat pada rentannya laptop terserang oleh virus ketika kita menghubungkan internet. seperti misalnya Malware yang sempat menyerang beberapa komputer di Rumah Sakit.

Selain itu juga sobat memperhatikan sistem operasi yang digunakan, masih didukung developernya. Seperti misalnya windows 7 yang sudah tidak didukung oleh Microsoft.


Merek Laptop

sumber: kompasiana.com


Merek masih menjadi primadona dalam menentukan pilihan laptop. Sebut saja Asus dan Acer yang merajai penjualan di rentang harga 4 - 10 juta. Meskipun membandingkan antara dua merek laptop bukanlah hal yang tepat

Akan tetapi setidaknya beli laptop yang memang memiliki nama dan reputasi bagus. Saat ini sangat banyak pilihan selain Asus dan Acer. Ada HP, Lenovo, Toshiba, Dell, MSI dan lain-lain.

Jangan lupa bagian pentingnya dari pemilihan merek ini, yaitu service centre jika suatu saat nanti laptop rusak tapi masih dalam keadaan garansi. 



Nah itu dia 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan tombol dibawah jika sobat merasa artikel ini bermanfaat.

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat