Ekonomi Manajemen Unsam : Mata Kuliah, Konsentrasi, dan Himpunan

Ekonomi Manajemen Unsam : Mata Kuliah, Konsentrasi, dan Himpunan




Berbicara tentang Universitas Samudra kita tidak akan terlepas dari Program Studi Ekonomi Manajemen yang merupakan salah satu Prodi dari Fakultas Ekonomi Universitas Samudra.

Program Studi Manajemen menjadi salah satu pilihan paling favorit pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Dikarenakan peluang kerjanya yang cukup luas dan sangat dibutuhkan.


Disini kita akan mengulik lebih dalam tentang Ekonomi Manajemen Unsam dari Sebaran Mata Kuliah, Konsentrasi, dan Himpunan Mahasiswanya.


Ekonomi Manajemen Unsam

Ekonomi Manajemen Unsam adalah salah satu Program Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, Langsa, Aceh dan sudah memiliki Akreditasi B dari BAN-PT.


Seperti yang sudah saya tulis diatas, bahwa program studi Manajemen merupakan salah satu ter favorit pada soshum. Baik dari seleksi SNMPTN maupaun SBMPTN.


Begitu juga di Unsam, dalam masa penerimaan mahasiswa baru Ekonomi Manajemen merupakan salah satu program studi yang paling banyak peminatnya. Dibandingkan dengan dua program studi lainnya Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Akuntansi.

Saat ini, Program Studi Ekonomi manajemen memiliki kurang lebih 450 mahasiswa aktif dari empat angkatan. 

Sebaran Mata Kuliah Ekonomi Manajemen Unsam

Program Studi (Prodi) Manajemen memiliki total 171 SKS, dengan total wajib 132 SKS ditambah dengan mata kuliah pilihan 12 SKS, sehingga total 144 SKS. Itulah jumlah SKS yang harus ditempuh selama menjadi mahasiswa Ekonomi Manajemen Unsam.

Adapun sebaran mata kuliahnya sebagai berikut

1. Semester 1


2. Semester 2


3. Semester 3


4. Semester 4


5. Semester 5


6. Semester 6


7. Semester 7


8. Semester 8


Semua mata kuliah ini bisa kita ambil sesuai dengan persyaratannya. Dan tentunya bisa mengambil mata kuliah semester atas jika SKS nya mencukupi. Misalnya kita semester tiga bisa nih mengambil mata kuliah semester lima, asal syarat terpenuhi.

Konsentrasi Ekonomi Manajemen Unsam

Sama seperti program studi lainnya, Ekonomi Manajemen Unsam juga memiliki mata kuliah Konsentrasi. Mata kuliah ini akan dipelajari sampai pembuatan skripsi, skripsi yang akan kita buat tergantung kepada konsentrasi yang diambil.

Konsentrasi dalam Program studi manajemen ada 4 diantaranya: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasioanl, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

1. Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah salah satu konsentrasi yang berfokus terhadap tata pengolalan keuangan pada suatu perusahaan. Berbeda dengan Akuntansi, Manajemen keuangan lebih dominan kepada analisis dari pada penghitungan.

Mata kuliah yang ada di Konsentrasi Manajemen Keuangan:

2. Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah konsentrasi yang berfokus kepada pemasaran suatu produk barang/jasa, merancang target pasar, strategi pemasaran dan hal-hal lain terhadap pemasaran. 

Konsentrasi Pemasaran juga melakukan analisis pada pasar agar dapat mengetahui pergerakan permintaan terhadap suatu produk barang/jasa.

Mata kuliah yang ada di Konsentrasi Manajemen Pemasaran:

3. Manajemen Operasional

Manajemen Operasional merupakan konsentrasi yang berfokus pada pengelolaan dan pengoptimalan pada seluruh aspek. Seperti tenaga kerja, mesin, peralatan, bahan mentah atau juga faktor produksi lain.

Mata kuliah pada konsentrasi Manajemen Operasional:

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) berfokus kepada pengelolaan berbagai masalah pada lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan semua tenaga kerja yang menopang operasi dari organisasi atau perusahaan.

Mata kuliah pada konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia:


Himpunan Mahasiswa Ekonomi Manajemen Unsam



Sama seperti program studi lainnya Ekonomi Manajemen Unsam juga memiliki himpunan yang dinamakan Himpunan Mahasiswa Manajemen atau disingkat HMM. 

Himpunan ini bertugas untuk mengelola kegiatan yang ada di Prodi Manajemen. Mulai dari seminar, perlombaan, karya tulis dan event-event lainnya.

Dalam praktiknya HMM memiliki Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum sebagai pengurusnya yang bertugas satu periode. Satu periode kepengurusan selama 1 tahun,.

Untuk pergantian pengurus HMM akan mengadakan Mubes. Forum tertinggi pada Himpunan ini, dimana pengurus akan mempertanggung jawabkan seluruh kegiatannya selama menjabat. Dan pemilihan untuk ketua yang baru.



Akhir Kata

Demikian lah Artikel Ekonomi Manajemen Unsam : Mata Kuliah, Konsentrasi, dan Himpunan. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar dibawah, saya akan mencoba menjawab semampunya.

Kalau sobat merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share untuk teman-teman yang lain ya. Terimong Geunaseh.

 


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat