10 Alasan Kenapa Memilih Kuliah Di Universitas Samudra (UNSAM)

10 Alasan Kenapa Memilih Kuliah Di Universitas Samudra (UNSAM)




Selain UAS, UN, Ujian Praktek, SNMPTN atau SBMPTN de el el, Siswa kelas XII akan ditambah lagi keresahannya dengan memilih tempat kuliah untuk melanjutkan pendidikannya.

Bukan hal yang mudah dalam memilih PTN yang menurut kita cocok dan pas dengan apa yang kita inginkan. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang membuat otak semakin mumet.

Kampus-kampus besar sudah barang tentu menjadi pilihan dan target utama, karena selain menjanjikan untuk dunia kerja juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri saat menggunakan almamaternya.

Namun tidak selalu kampus-kampus besar yang bisa membawa kesuksesan dalam berkarir. Jika kita terus bertumpu pada kampus besar, kapan kita akan membesarkan kampus lain agar sila ke 4 Pancasila itu bergaung.

Universitas Samudra adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Langsa, Aceh yang diresmikan pada tahun 2013 sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 37 tahun 2013.

Universitas Samudra atau disingkat Unsam saat ini memiliki 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akan terus bertambah sesuai dengan rencana pembangunan Universitas Samudra.

Semua Program Studi masih merupakan Program S1 dan belum membuka untuk Program Pascasarjana atau Program D3. Namun Program Pascasarjana untuk beberapa Prodi sudah disetujui Kemendikbud. Tinggal hanya menunggu waktu peresemiannya. Begitu juga dengan Fakultas dan Program Studi baru yang akan segera menyusul.

Ada banyak alasan kenapa kita memilih kuliah di Unsam seperti misalnya Akreditasi, Biaya Hidup, Biaya Kuliah. Selain itu juga tempat wisata yang menyenangkan yang bisa menenangkan pikiran kita.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Samudra

Universitas Samudra memiliki 5 Fakultas dengan 25 Program Studi yang tersebar disetiap fakultasnya.

1. Fakultas Hukum (Kode Fakultas 01)

Fakultas Hukum memiliki 1 Program Studi, yaitu:
1) Ilmu Hukum         (Akreditasi B)

Perlu diketahui bahwa Fakultas Hukum sudah mendaftarkan program Pascasarjana dan sudah disetujui Kemendikbud tinggal menunggu peresmian.

2. Fakultas Ekonomi (Kode Fakultas 02)

Fakultas Ekonomi memiliki 3 Program Studi, yaitu:
1) Ekonomi Manajemen     (Akreditasi B)
2) Ekonomi Akuntansi        (Akreditas iC)
3) Ekonomi Pembangunan  (Akreditasi B)

3. Fakultas Pertanian (Kode Fakultas 03)

Fakultas Pertanian memiliki 3 Program Studi, yaitu:
1) Akuakultur/Budidaya Perairan (Akreditasi B)
2) Agribisnis               (Akreditasi B)
3) Agroteknologi        (Akreditasi B)

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kode Fakultas 04)

Fakultas Kegurudan dan Ilmu Pendidikan memeiliki 10 Program Studi, yaitu:
1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (Akreditasi B)
2) Pendidikan Bahasa Indonesia ( Akreditasi B)
3) Pendidikan Bahasa Ingrris ( Akreditasi B)
4) Pendidikan Matematika (Akreditas C)
5) Pendidikan Fisika (Akreditasi B)
6) Pendidikan Kimia ( Akreditasi B)
7) Pendidikan Biologi (Akreditasi B)
8) Pendidikan Sejarah (Akreditasi B)
9) Pendidikan Geografi (Akreditasi B)
10) Pendidikan Olahraga (Akreditasi B)

5. Fakultas Teknik (Kode Fakultas 05)

Fakultas Teknik memiliki 4 Program Studi Teknik dan 4 Program Studi MIPA, yaitu
1) Teknik Industri (Akreditasi B)
2) Teknik Informatika (Akreditasi B)
3) Teknik Mesin (Akreditasi B)
4) Teknik Sipil (Akreditasi B)
5) Matematika (Akreditasi B)
6) Fisika (Akreditasi C)
7) Kimia (Akreditasi B)
8) Biologi (Akreditasi B)

Nah sobat sudah mengetahui 5 Fakultas dan 25 Program Studi yang ada Unsam. Saatnya kita membahas 10 Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Universitas Samudra (Unsam). 

10 Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Universitas Samudra (Unsam)

1. Akreditasi Kampus Baik

sumber: fahum.ac.id


Universitas Samudra memang tergolong sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Namun bukan berarti tidak bisa bersaing dengan kampus-kampus lainnya.

Pada tahun 2018 Universitas Samudra meraih Akreditasi B dari BAN-PT. Alasan Akreditasi menjadi alasan dari banyaknya pilihan kampus-kampus di Indonesia.

Yap, tepat dengan Akreditasi B, Kuliah di Unsam menjadi salah satu alasannya kenapa sobat memilih kuliah disini.

Selain alasan Akreditasi Kampus, Fakultas yang ada di Unsam juga sudah terakreditasi Baik. Tidak ketinggalan juga Program Studi yang ada di dalamnya.

Akreditasi Baik ini membuat Unsam bisa bersaing dengan kampus-kampus lainnya di Indonesia yang memiliki Akreditasi B atau diatasnya. 

Jadi jika sobat memilih kampus dengan alasan Akreditasi, maka Unsam menjadi salah satu pilihan yang harus masuk dalam list sobat.

2. Beasiswa Yang Beragam



Beasiswa menjadi alasan lain dalam memilih kampus yang akan kita tuju dalam menimba ilmu. Alasan ini diperkuat karena mahalnya biaya Pendidikan di tingkat Universitas atau Perguruan Tinggi. Dengan adanya beasiswa kita berharap bisa menyelesaikan pendidikan tanpa memberatkan orangtua.

Beasiswa di Unsam sangat beragam, meskipun tidak sebanyak kampus-kampus lain. Tapi beasiswa yang ada di Unsam sangat membantu sobat dalam menjalankan pendidikan. 

Ada beberapa Beasiswa di Unsam diantaranya : 
1. Beasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah
2. Beasiswa PPA
3. Beasiswa Bank Indonesia
4. Beasiswa Bank Pegadaian (Khusus Fakultas Ekonomi)
5. Beasiswa Bank BRI
6. Beasiswa S1 Aceh Carong
dan masih banyak lainnya yang akan datang terkait kerjasama unsam dengan pihak ketiga.

Beasiswa yang diberikan akan menutupi biaya kuliah sobat. Jadi tidak perlu khawatir lagi, sobat tinggal belajar dan memperbanyak prestasi.

Unsam akan terus memberikan beasiswa-beasiswa untuk mahasiswanya karena pendidikan merupakan salah satu poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

3. UKT Yang Rendah

sumber: psikogenesis.com


Bicara tentang dunia kuliah maka tidak akan terlepas dengan namanya UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Ya Pemerintah telah mengubah sistem pembayaran uang kuliah dengan prinsip setiap orang berbeda besaran uang kuliahnya.

Dimana sebelumnya semua uang kuliah disamaratakan sehingga kebanyakan pendidikan tinggi hanya bisa dan mampu dirasakan oleh mereka golongan menengah keatas. Tapi dengan sistem UKT setiap warga Negara Indonesia bisa menikmati pendidikan tinggi.

Unsam sendiri menerapkan UKT, dimana setiap mahasiswa akan membayar uang kuliah sesuai dengan kemampuan orangtuanya. UKT ini sendiri memiliki 5 golongan yang akan dibagi berdasarkan penilaian dari berkas-berkas disaat daftar ulang.

Unsam memiliki 6 golongan UKT, yaitu:

Golongan UKT Besaran UKT
Golongan I Rp. 0
Golongan II Rp. 1.000.000,-
Golongan III Rp. 1.300.000,- s/d Rp. 1.400.000,-
Golongan IV Rp. 1.600.000,- s/d Rp. 1.800.000
Golongan V Rp. 1.900.000,- s/d Rp. 2.200.000,-
Golongan VI* Rp. 2.500.000,- s/d Rp. 2.600.000,-

Keterangan : *UKT khusus jalur Mandiri

4. Biaya Hidup Yang Murah



Kota Langsa adalah sebuah Kota dengan semboyan Kota Jasa dan Industri Yang Maju dan Islami. 

Jika sobat sudah memutuskan akan kuliah di Unsam, dan sobat khawatir akan masalah biaya hidup. Di Kota Langsa sobat tidak perlu khawatir. 

Biaya hidup di Kota Langsa bisa dibilang tergolong murah dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Sehingga disini sobat akan merasa lebih bisa bersahabat lebih jauh dengan kertas-kertas rupiah di dompet.

Memang tidak semurah di Yogyakarta seperti kebanyakan orang-orang bilang. Namun untuk ukuran mahasiswa kos-kosan, Biaya hidup di Kota Langsa menjadi tempat yang menyenangkan.

Biaya hidup murah ini diakui oleh orang-orang Langsa sendiri. Alasannya karena dimana sobat bisa menemukan Nasi Gurih dengan rentang harga antara Rp 3.000,- s/d Rp. 5.000,- Tapi tidak semuanya murah, hanya ditempat sekitaran kampus atau di sekitaran pasar tradisional saja. 

5. Fakultas Baru dan Prodi Baru



Sebagai Perguruan Tinggi Negeri baru sudah tentu akan membuka fakultas-fakultas yang baru dan program studi yang baru. Lalu apa untungnya jika ada fakultas dan program studi baru ?. Nah jika kampus membuka fakultas dan program studi baru maka peluang untuk bisa lolosnya semakin besar.

Nah jika sobat kebetulan mendaftar disaat fakultas baru dibuka, maka sobat akan mendapat peluang yang lebih besar daripada biasanya untuk tembus SNMPTN, SBMPTN atau SMMPTN Barat.

Eits. Bukan hanya itu, dengan adanya dibukanya Fakultas dan Program Studi baru akan memberikan kesan yang lebih bagus kepada kampus. Sehingga kampus semakin banyak mahasiswanya dan dikenal oleh banyak orang.

Ya sudah pasti tempat kita menjelajah untuk bertemu orang-orang baru akan semakin banyak, dan tentunya jika beruntung akan mendapat jodoh hehehe.

6. Organisasi Kampus Yang Belum Banyak

sumber: taldebrooklyn.com


Loh kenapa ini menjadi alasan untuk Memiliki Kuliah di Unsam ? Disaat semua orang berlomba-lomba mencari Organisasi Kampus yang besar dan bisa menaikkan namanya. Justru disini Organisasi Kampus Yang Belum Banyak menjadi alasan Memilih Kuliah di Unsam.

Meneruskan sebuah organisasi besar memang memiliki tantangan yang berat. Tapi tahukah sobat, jika membangun sebuah organisasi menjadi besar jauh lebih menantang dan menarik ? Suatu kabahagiaan melihat generasi kita menjaga dan meneruskan organisasi yang dibangun dari 0.

Jika sobat berada di Unsam dan memiliki sebuah ide yang menarik namun belum mempunyai wadahnya, disinilah sobat berperan dan bersiap untuk membangun sebuah komunitas. Misalnya sobat tertarik pada dunia Fotografi yang memang kebetulan UKM Fotografi belum ada di Unsam. Sobat bisa nih membangun dan mendirikan UKM tersebut bersama teman-teman lain yang memiliki ketertarikan yang sama.

Nilai lebihnya nama sobat akan terus diceritakan sebagai salah satu pendiri UKM di salah satu Universitas Negeri di Aceh. Hehehe

7. Mengenal Budaya Baru

Sumber: harianrakyataceh.com


Memang jika kita keluar dari daerah sendiri dan memasuki daerah orang lain, kita akan mendapati Adat dan Budaya baru. Tidak hanya di Langsa, Aceh namun setiap daerah yang ada di Indonesia ini.

Namun sobat jika sampai ke Aceh akan merasakan aura-aura dari Syariat Islam yang menjadi simbol keistimiweaan Aceh di Indonesia.

Aturan, Adat dan Budaya Islam akan sangat terasa mulai dari aturan berpakaian sampai kepada aturan hukuman bagi pelanggar Qanun dan Undang-undang.

Selain itu juga sobat akan banyak mempelajari budaya-budaya Aceh seperti sistem pernikahan, pemerintahan dan sosialisasi bermasyarakat.

Semakin banyak kita belajar adat dan budaya masyarakat, maka semakin banyak improvisasi budaya yang bisa kita kembangkan. 

Jika sobat suka Belajar Budaya, ini menjadi salah satu alasan sobat kuliah di Unsam.

8. Tempat Wisata



Tidak sedikit dari kita ketika akan mendatangi tempat lain bayangan pertamanya adalah tempat wisata. Karena tempat wisata ini menjadi hal yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika sudah lelah dengan aktifitas sehari-hari.

Nah tempat wisata ini menjadi salah satu Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Unsam. Karena Langsa memiliki tempat wisata yang bisa menenangkan akhir pekan sobat ketika sudah merasa lelah dengan aktifitas kuliah.

Kota Langsa akan menyuguhkan sobat tempat wisata yang banyak diantaranya: Hutan Kota Langsa, Hutan Manggrove, Pelabuhan Kuala dan lain sebagainya.

Sobat bisa membaca wisata di Kota Langsa Disini

9. Banyak Pilihan Tempat Nongkrong



Jika sobat memasuki dunia kuliah maka akan mengenal istilah-istilah yang disematkan kepada kelompok-kelompok mahasiswa. Yaitu: Kura-Kura, Kupu-Kupu, dan Kubis. Nah diantara itu ada satu lagi julukan untuk kelompok mahasiswa lain yaitu Kunang-kunang.

Kunang-Kunang singkatan dari Kuliah Nangkring - Kuliah Nangkring. Dimana aktifitasnya selepas kuliah langsung nangkring bersama teman teman lainnya di tempat nongkrong favorit.

Nah jika sobat merupakan salah satu kelompok dari Kunang-Kunang ini menjadi salah satu alasan Kuliah di Unsam. Karena tempat nongkrong yang sangat banyak tergantung mau tempatnya seperti apa.

Banyak tidak sekedar banyak tapi memiliki harga yang terjangkau sesuai dengan kantong mahasiswa apalagi anak kos-an. Jadi kita bisa bebas nongkrong sepuasnya setelah selesai atau sembari menuggu jam kuliah.

Tempat nongkrong ini tersebar disekitaran kampus sehingga tidak perlu repot-repot berjalan jauh untuk sekedar memuaskan hasrat nongkrong sobat.

10. Kota Yang Aman



Alasan terakhir kenapa memilih kuliah di Unsam adalah Kota Langsa yang Aman. Ketika doktrin-doktrin bahwa kehidupan dikota memiliki konotasi negatif. Kota Langsa muncul sebagai kota yang aman dan ramah kepada warganya.

Ini bisa terjadi karena Syariat Islam yang merupakan aturan undang-undang yang diterapkan di Provinsi Aceh. Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi keputusan ulama-ulama besar di Aceh, menjadikannya menjadi Kota yang Aman.

Jadi sobat tidak perlu khawatir tentang keamanan dalam kehidupan sosial. Apalagi jika sobat adalah perempuan. Kota Langsa menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Akhir Kata

Nah itu dia 10 Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Universitas Samudra (UNSAM) yang bisa jadikan sobat jadi referensi. Selain 10 Alasan diatas, masih banyak alasan-alasan lainnya yang bisa sobat cari dari sumber lain.

Demikian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat