Wisata Pastap Julu Destinasi Wisata Akhir Pekan

Wisata Pastap Julu Destinasi Wisata Akhir Pekan




Wisata Pastap Julu adalah salah satu tempat wisata yang baru dibuka beberapa waktu yang lalu yang berlokasi di Desa Pastap Julu Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal dengan wisata seperti Rambin Cinta dan Arung Jeram.

Selain itu Desa Pastap Julu juga oleh pemerintah kabupaten Mandailing Natal telah masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Batang Gadis dengan nama Ekowisata Bara Indah Permai Desa Pastap Julu.

Yang menjadikan seluruh flora dan fauna serta kekayaan alam lainnya Desa Pastap Julu berada dalam lindungan. Karena merupakan Habitat dari Harimau Sumatera juga, salah satu hewan langka di Indonesia.

Oh ya, Rambin Cinta dan Arung Jeram yang ada di Wisata Pastap Julu ini dikelola dan dijalankan oleh pribadi tanpa ikatan dengan pemerintah atau pihak swasta lainnya.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini sobat bisa menggunakan kenderaan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, karena angkutan umum tidak tersedia sepanjang waktu.

Lokasi Wisata Pastap Julu

Wisata Pastap Julu Destinasi Wisata Akhir Pekan

Wisata Pastap Julu bisa dibilang jauh dari Ibukota Kabupaten Mandailing Natal atau Panyabungan, yang jika dihitung bisa jarak tempuhnya 30 - 45 menit perjalanan.

Lokasinya sendiri berada di Desa Pastap Julu Kecamatan Tambangan. Dari jalan Medan-Padang di persimpangan berbelok ke arah kanan ke jalan yang menanjak. 

Persimpangan ini tepat sebelum jembatan perbatasan antara Kecamatan Tambangan dengan Kecamatan Kotanopan.

Dari persimpangan masuk kedalam dengan waktu tempuh sekitar 20 - 30 menit, perjalanan lama selain karena jalan masih sempit juga masih banyak yang belum bagus.

Lokasinya Wisata Pastap Julu berada setelah sobat menemukan gerbang Desa seperti foto diatas.

Jadi sobat yang ingin ke Wisata Pastap Julu pastikan sudah mengetahui beberapa lokasi yang saya jelaskan. Dan jangan lupa bertanya kepada warga sekitar.

Menurut pengalaman yang saya rasakan, masih banyak warga yang belum tahu tentang Wisata Pastap Julu ini.

Objek Wisata

Objek Wisata disini tidak banyak, namun bisa memuaskan hati karena suasana perdesaan yang masih terasa dan menenangkan.

Perpaduan alam pegunungan serta kicauan burung-burung bisa membuat mood sobat kembali membaik dari penatnya pekerjaan.

Objek Wisata di Wisata Pastap Julu ada tiga yaitu:

1. Arung Jeram

Wisata Pastap Julu Destinasi Wisata Akhir Pekan

Arung Jeram ini memang tidak seperti pada umumnya menggunakan perahu karet yang bermuatan 4 - 6 orang. 

Tapi di Wisata Pastap Julu menggunakan ban karet yang cukup untuk 1 - 2 orang, namun ini dibuat bukan tanpa alasan.

Semua telah diperhitungkan, seperti arena yang tidak memungkinkan untuk perahu karet dan mungkin belum siap pengamanan untuk resiko yang lebih besar.

Untuk bisa menikmati Arung Jeram ini sobat dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000/orang. Jangan takut semua pelindung dan keamanan lengkap. 

Jadi sobat bisa dengan tenang menikmati petualangan air nya.

2. Rambin Cinta

Wisata Pastap Julu Destinasi Wisata Akhir Pekan

Rambin Cinta atau Jembatan Cinta ini adalah jembatan di Wisata Pastap Julu yang dibangun diatas pematang sawah dan dibuat dengan konsep sebaik mungkin.

Bagi sobat yang suka pemandangan berlatar alam pegunungan disini bisa dinikmati dengan bebas. Juga jika sobat adalah seorang photography enthusiast, disini merupakan salah satu spot foto yang bagus.

Jika sobat ingin menikmati Rambin Cinta ini akan dikenakan uang masuk sebesar Rp. 5.000/orang, dan sudah bebas untuk berfoto-foto.

Tapi jangan sampai lupa waktu ya sobat, perjalanan pulang kita masih jauh. Hehehe

3. Taman Nasional Batang Gadis

Selain itu Wisata Pastap Julu juga terdapat Taman Nasional Batang Gadis atau TNBG yang merupakan wilayah yang awasi secara hukum untuk melindungi flora dan fauna didalamnya.

Namun jika sobat ingin melihat dan menikmatinya boleh-boleh saja. Tapi saya rasa sobat perlu mendapat izin dari badan kehutanan Kabupaten Mandailing Natal.

Agar sobat aman dari hal-hal yang tidak diinginkan didalam hutan juga aman dari jeratan hukum yang berlaku.

Jika sobat adalah pecinta alam, mungkin ini bisa menjadi objek penelitian yang bagus.

Akhir Kata

Wisata Pastap Julu yang berada di Desa Pastap Julu ini merupakan tempat wisata baru dan dikelola oleh pribadi kecuali untuk Taman Nasional Batang Gadis.

Karena lokasinya cukup jauh dari Pusat Kota Panyabungan dan tidak ada kenderaan umum yang sampai kesana, sobat harus menggunakan kenderaan pribadi.

Untuk bisa menikmati dua objek wisata pastap julu yaitu Rambin Cinta dan Arung Jeram sobat hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. 25.000/orang. Dan tidak ada uang masuk selain dua tersebut.

Perjalanan ke Pastap Julu jauh dari pusat Kota Panyabungan dan tidak ada angkutan umum yang sampai kesana. Jadi sobat harus membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Jika sobat sudah memasuki pedalaman dan merasa tidak sampai juga. Tetap semangat sampai sobat menemukan gerbang Desa Pastap Julu.

Sekian artikel saya, semoga bisa memberikan informasi yang berguna.


1 comment

  1. Terimakasih info Wisata Pastap Julu Destinasi Wisata Akhir Pekan ini. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat