Nomor Angkot Panyabungan dan Jurusannya

Nomor Angkot Panyabungan dan Jurusannya




Angkutan Kota atau lebih dikenal dengan Angkot merupakan salah satu mobil angkutan sewa umum dengan tujuan untuk mempermudah perjalanan masyarakat yang ingin bepergian di dalam kota.

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran Angkot di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan karena tidak semua dari kita memiliki kendaraan pribadi.

Atau bahkan malas membawa kendaraan pribadi baik itu karena hujan di musim hujan atau karena teriknya matahari di musim kemarau.

Nah untuk kalian yang baru pertama kali ke Panyabungan, atau bahkan untuk masyarakat Panyabungan yang belum terlalu paham.

Pasti ada memiliki pertanyaan Nomor Angkot Panyabungan dan Jurusannya karena jika salah menaiki angkot maka habislah sudah bolak-balik.

Nomor Angkot dan Jurusannya merupakan hal kecil yang memang wajib diketahui agar tidak salah naik dan salah arah.



Berikut Daftar Nomor Angkot Panyabungan dan Jurusannya :

1. Nomor Angkot 01 Jurusan Kecamatan Siabu dan Sekitarnya

Nomor Angkot 01 merupakan angkot dengan jurusan Kecamatan Siabu dan sekitarnya. Angkot ini memiliki kode nomor di depan tepat di bawah kaca depan sebalah kiri.

Angkot ini memiliki rute yang panjang karena melewati beberapa kecamatan hingga sampai ke perbatasan Kabupaten Mandailing Natal dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Rute yang dilalui Angkot 01 ini adalah Kecamatan Panyabungan mengarah ke Utara yaitu : Kecamatan Panyabungan Utara, Persimpangan Kecamatan Naga Juang, Kecamatan Bukit Malintang, dan Kecamatan Siabu.

Nah jika sobat sedang melakukan perjalanan ingat rute diatas ya.

2. Nomor Angkot 02 Jurusan Dalam Kota Panyabungan

Kecamatan Panyabungan Kota merupakan pusat Kabupaten Mandailing Natal karenanya memiliki angkot yang khusus untuk dalam Kota Panyabungan.

Angkot ini merupakan angkot dengan rute terpendek di Panyabungan, karena hanya melewati dua kecamatan saja sesuai dengan jurusannya.

Adapun rute yang dilalui oleh angkot nomor 02 ini adalah Kecamatan Panyabungan menuju ke Selatan yaitu : Kecamatan Panyabungan Kota dan Kecamatan Lembah Sorik Marapi

Dan desa yang dilalui adalah : Kelurahan Kayu Jati, Kelurahan Panyabungan I, Kelurahan Panyabungan II, Kelurahan Sipolu-polu, Desa Pidoli, Kelurahan Dalan Lidang, Desa Parbangunan, dan Desa Purba Baru.

Perlu sobat ingat bahwa rute yang dilalui hanya jalan protokol dan jalan utama di Panyabungan. Jadi tidak masuk ke jalan-jalan kecil misalnya saja Lintas Timur. Kecuali khusus membawa anak sekolah.

3. Nomor Angkot 03 Jurusan Kecamatan Kotanopan

Kecamatan Kotanopan mungkin menjadi rute terjauh ke arah selatan, meskipun tadi ada angkot ke arah selatan. Angkot ini memiliki rute yang jauh.

Dengan melewati 4 kecamatan perjalanan dengan angkot nomor 03 memakan waktu 1 jam untuk rute terakhirnya di Kecamatan Kotanopan.

Rute yang akan dilalui oleh Angkot 03 ini adalah Kecamatan Panyabungan Menuju ke selatan yaitu : Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kecamatan Tambangan, dan Kecamatan Kota Nopan.

Jadi jika sobat memiliki tujuan ke salah satu kecamatan di atas, bisa menaiki angkot dengan nomor 03 ini.

4. Nomor Angkot 04 Jurusan Kecamatan Panyabungan Selatan

Panyabungan Selatan berbatasan langsung dengan Kecamatan Panyabungan Kota, dan disini juga letak sekolah pertama di Mandailing yaitu Kweekschool yang sekarang dikenal dengan nama SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan.

Jika sobat sedang menuju ke arah selatan maka angkot yang di naiki adalah angkot dengan nomor 04.

Adapun rute yang akan dilalui oleh angkot ini adalah Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, dan Kecamatan Panyabungan Selatan (Desa Kayu Laut, Desa Tano Bato, Desa Roburan, dan Desa Ake Ngali)

Rute yang dilalui angkot 04 ini ke arah selatan namun jalurnya juga bisa ditempuh lewat jalur barat yang akan kita bahas nanti. Namun karena aturan transportasi di Madina, angkot ini hanya mendapat jatah rute Panyabungan Selatan.

5. Nomor Angkot 05 Jurusan Kecamatan Puncak Sorik Marapi

Jika sobat pernah mendengar Pemandian Air Panas Sibanggor dan hendak menuju kesana, maka angkot yang sobat naiki adalah nomor 05.

Angkot 05 ini memiliki jalur yang hampir sama dengan angkot 04 namun tujuannya lebih jauh yaitu sampai ke Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Rute yang akan dilalui oleh angkot 05 ini adalah, Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kecamatan Panyabungan Selatan, dan Kecamatan Puncak Sorik Marapi. dan sudah pastinya di Kecamatan Panyabungan Selatan hanya melintas.

Karena Panyabungan Selatan tidak termasuk ke dalam rutenya. Akan tetapi jika kita ingin naik angkot 05 dan turun di Panyabungan Selatan tidak ada masalah. Namun hanya pada tempat yang dilaluinya tidak semua tempat seperti angkot 04.

6. Nomor Angkot 06 Jurusan Kecamatan Panyabungan Barat

Kecamatan Panyabungan Barat terkenal dengan tempat wisatanya, yaitu Legenda Sampuraga yang merupakan salah satu cerita Legenda Tua dari Mandailing Natal dan Air Terjun Aek Nabontar.

Selain itu jalan menuju ke Panyabungan Barat terdapat kampus Negeri yaitu Sekolah Tinggi Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN - MADINA). Dan menuju ke kampus ini harus menggunakan angkot 06 atau Betor di persimpangan.

Adapun rute yang dilalui angkot 06 ini adalah Kecamatan Panyabungan dan Kecamatan Panyabungan Barat. Sepanjang yang saya tahu di Angkot ini mengantar sampai keseluruh desa yang ada di Panyabungan Barat apalagi di hari jum'at.

Nah tadi saya bilang kalau angkot 04 bisa ditempuh jalur barat, namun karena jalur barat adalah milik angkot 06 sehingga tidak ada angkot 04 yang akan melintasi jalurnya. Meski jalan pulangn angkot 04 lebih dekat dari jalur ini.

7. Nomor Angkot 07 Jurusan Kecamatan Natal

Perlu di ingat Natal disini adalah nama Kecamatan bukan hari perayaan Umat Kristen. Karena sangat banyak orang luar yang salah pengertian akan nama Daerah ini.

Angkot 07 mungkin salah satu angkot dengan rute paling jauh diantara angkot-angkot yang ada di Panyabungan, Mandailing Natal. Karena perjalanannya yang hampir menempuh 4 - 5 jam perjalanan dan melewati banyak sekali kecamatan.

Adapun rute yang dilalui angkot ini adalah Kecamtan Panyabungan, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kecamatan Batang Natal, Kecamatan Lingga Bayu, dan terakhir di Kecamatan Natal.

Angkot ini memiliki desain tempat duduk yang berbeda, jika kebanyakan angkot penumpanngnya berhadap-hadapan. Namun pada angkot 07 ini desain tempat duduknya sama seperti mobil-mobil minibus. Meskipun armada yang dipakai adalah armada yang biasa dipakai untuk angkot.

Oh ya desain tempat duduk yang seperti ini juga dipakai oleh angkot nomor 03 dengan jurusan Kecamatan Kotanopan.

Namun akhir-akhir ini sudah sangat jarang dijumpai armada yang menggunakan Suzuki seperti biasanya. Kebanyakan yang dipergunakan adalah armada dari Mitsubishi yaitu L300. Tapi tetap saja oleh masyarakat dicap sebagai angkot dengan nomor 07 tujuan Kecamatan Natal.

8. Nomor Angkot 08 Jurusan Kecamatan Panyabungan Timur

Mungkin sobat pernah mendengar atau membaca berita dengan judul "Ditemukan Landang Ganja Seluas 2 Hektar di Mandailing Natal". Bukan sebuah kebanggaan namun semua orang akan berpikir hal itu jika mendengar nama Panyabungan Timur. Sangat disayangkan, pemerintah seharusnya memperbaiki citra tersebut.

Aduh.. Kembali ke topik. Jadi Panyabungan Timur adalah salah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan dan air yang sangat jernih yang langsung datang dari mata airnya.

Nah angkot 08 ini memiliki rute ke Kecamatan Panyabungan Timur dan sudah pastinya bolak-balik Kecamatan Panyabungan dan Panyabungan Timur. Namun angkot ini hanya menunggu penumpang yang biasa orang sebut Simpang Banjar.

Karena dia tidak bisa mencari penumpang disepanjang jalan protokol. Karena penumpangnya hanya mereka yang akan menuju Kecamatan Panyabungan Timur dan sebaliknya.


Akhir Kata

Itulah penjelasan Nomor Angkot dan Jurusannya di Mandailing Natal. Tulisan ini saya tulis sebagai referensi bagi mereka yang baru mengenal Mandailing Natal atau masyarakat Madina yang masih belum mengerti nomor angkot dan jurusannya.

Semoga artikel ini membantu sobat.


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat