Air Terjun Malintang Julu Yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Malintang Julu Yang Wajib Dikunjungi



Air Terjun Malintang Julu adalah salah satu air terjun yang berada di jauh di dalam hutan Desa Malintang Julu Kecamatan Bukit Malintang dengan jarak tempuh sekitar 4 - 5 jam dari pemukiman warga yang terakhir.


Keberadaan air terjun ini sangat sedikit yang mengetahuinya, selain karena jarang di eksplor juga karena jalur menuju Air Terjun Malintang Julu ini cukup sulit.


Jalan menuju kesana bisa dibilang hanya menyusuri sungai tanpa melewati tanah, karena memang jalan yang belum ada dan ditambah tebing-tebing yang terjal.


Air Terjun Malintang Julu ini juga biasa disebut sebagai Air Terjuan Aek Sibange.


Jika sobat sudah sampai disini maka sobat tidak akan ketinggalan untuk berdecak kagum karena keindahan yang disuguhkan


Memang tidak setinggi air terjun populer lainnya. Namun sobat tidak akan kecewa setibanya disana, semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayar tunai.


Lokasi Yang Sangat Jauh Dari Pemukiman


Perjalanan menuju Air Terjun Malintang julu menandakan bahwa tempat ini sangat jauh dari pemukiman warga. Perjalanan sekitar 3 - 5 jam.


Bahkan saat ditanya warga perkampungan hampir tidak ada yang tahu keberadaan Air Terjun ini, mereka baru tahu setelah ditanya.


Namun bukan berrti tidak semua warga tidak tahu. Hanya beberapa pemuda desa yang tahu, hal ittu karena mereka mendengar cerita bahwa di hulu sungai ada air terjun dan mereka membuktikan dengan menyusuri sungai.


Bukan hanya dari perkampungan, dari perkebunan warga juga karena sepanjang perjalanan hanya ditemukan pohon-pohon besar


Tebing-tebing yang terjal akan menemani sobat sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Malintang Julu ini.


Selain harus ekstra hati-hati dalam melihat jalan, sobat juga harus tetap menjaga tata krama dalam memasuki wilayah tertentu. Karena ini merupakan adat istiadat yang ada di Mandailing Natal.


Hutan Yang Masih Perawan


Karena masih sangat sedikit yang mengetahui Air Terjun Malintang Julu ini. Artinya hutan disini masih belum terjamah oleh manusia. Bahkan jejak-jejak kaki ketika saya kesini tidak ada sedikitpun.

Pohon-pohon yang besar menjulang tinggi dengan akar-akarnya yang menjalar jauh serta rumput ilalang yang tinggi.

Kicauan burung-burung saling bersahut-sahutan hingga aliran sungai yang terdengar jelas meski berada jauh dibawah.

Tidak hanya itu lokasi air terjun ini adalah gunung yang menjadi perbatasan antara dua kabupaten dan merupakan salah satu lokasi lalu lalangnya Harimau Sumatera.

Hutan yang lebat ini memberikan kenyaman sendiri dalam perjalanan karena sobat bisa menghirup udara segar.

Akses Ke Air Terjun Hanya Jalan Kaki


Jika sobat sudah memutuskan akan ke Air Terjun Malintang Julu , perlu diingat bahwa akses ke lokasi hanya bisa dengan jalan kaki dengan waktu tempuh 3 -5 jam.

Kenderaan hanya bisa sampai perkampungan dan lebih baik dititipkan pada warga sekitar atau di lingkungan masjid di desa Malintang Julu ini.

Menurut sepengetahuan saya, disini belum ada tempat penitipan kenderaan. Jadi sobat harus pandai-pandai ngomong ke warga sekitar.

Hanya satu yang bisa saya jamin, kenderaan anda akan aman jika dititipkan ke warga karena orang Mandailing Natal baik-baik tidak ada yang aneh-aneh jadi tenang saja.



Wisata Masa Depan


Meskipun saat ini belum ada perhatian pemerintah kesana, sebenarnya ini merupakan nilai plus. Karena akan sangat sedikit orang ke Air Terjun Malintang Julu ini dan sedikit pula sampah yang dibuang sembarangan.

Selain itu, kealamiannya lebih terjaga dan orang-orang yang datang akan merasakan sapuan alam yang sebenarnya.

Tempat ini akan menjadi salah satu destinasi wisata di masa yang akan datang. Bukan hanya karena Air Terjun nya yang indah, tapi suasananya yang alami.

Keberadaannya pun kini sudah mulai dikenal oleh orang-orang sehingga sudah banyak yang telah melakukan perjalanan menuju Air Terjun Malintang Julu ini.

Ingin Tau Lokasi Wisata Lainnya di Mandailing Natal ? Baca Disini

Akhir Kata

Air Terjun Malintang Julu masuk kedalam kategori Wisata yang masih sangat alami karena belum ada campur tangan manusia dalam penampilannya baik dari segi apapun.

Selain itu akses hanya sampai perkampungan sehingga jika membawa kenderaan harus dipikirkan cara menitipkan kewarga sekitar

Selanjutnya tidak perlu khawatir karena sobat tidaka akan dipungut biaya apapun untuk masuk ke lokasi ini.


Sekian artikel saya semoga bermanfaat ya.


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat