7 Tips IPK Tinggi Meskipun Ikut Organisasi

7 Tips IPK Tinggi Meskipun Ikut Organisasi

 



rahipa.com - Kampus dan Mahasiswa adalah jenjang pendidikan tinggi yang sangat berbeda jauh dari SMA/MA Sederajat. Karena itu pula banyak calon mahasiswa yang membaca artikel tentang kehidupan Kampus dan Mahasiswa.

Diantara sekian artikel yang dibaca, pasti akan timbul pertanyaan diantara para calon-calon mahasiswa. Bagaimana Caranya IPK Tetap Tinggi Tapi Aktif Di Organisasi 

Sebuah pertanyaan yang sangat lumrah ditanyakan. Karena siswa akan memandang bahwa Mahasiswa tidak terlepas dari kegiatan Organisasinya

Hal ini karena Organisasi lebih eksis di sosial media dalam menyuarakan tentang kondisi Negara ini. Dan juga Organisasi jugalah yang membuat acara-acara yang melibatkan siswa-siswa SMA atau sederajat.

Karena latar belakang tersebut juga artikel ini saya tulis, Tips IPK Tinggi Meskipun Aktif Di Organisasi dengan memberikan sedikit ilmu saya selama menggeluti dunia kampus.

Hal lain yang mendorong saya untuk menulis artikel ini adalah anggapan bahwa jika ikut organisasi itu membuat IPK kita turun dan jelek. Padahal nyatanya banyak Organisatoris yang lulus tepat waktu, IPK Tinggi, bahkan Cumlaude.


Selalu Fokus Pada Saat Kegiatan Belajar Dikampus

Tips yang pertama adalah Selalu Fokus. Terutama dalam proses belajar, karena inti dari kuliah adalah belajar bukan organisasi. Tapi bukan berarti organisasi disampingkan.

Fokus menjadi alat paling penting. Disaat belajar fokuslah pada apa yang diuraikan oleh dosen atau teman yang persentasi.

Jika kita fokus, maka akan banyak terserap dalam ingatan meski kita tidak sadar secara langsung. Fokus akan membantu otak kita bekerja secara maksimal terhadap suatu hal.

Catat Materi Kuliah Untuk Dipelajari Kembali

Disaat proses belajar, siapkan notebook atau binder untuk mecatat ringkasan-ringkasan materi yang diajarkan.

Catatan ini akan sangat membantu untuk mengingat materi kuliah yang sudah diajarkan dan mencarinya kembali agar lebih paham.

Dipelajari tidak harus setelah pulang kuliah, bisa kapan saja jika merasa waktu sobat luang. Jadi jangan sampai lupa catatan dibawa kemana-mana ya.

Selain itu juga setiap materi yang dicatat jangan lupa untuk membubuhkan tanggal, karena semua ini akan membantu sobat jika menghadapi ujian nantinya.

Bacalah Materi Kuliah Sebelum Masuk Kelas

Sebelum perkuliahan mulai atau sesudah perkuliahan selesai, biasanya Dosen akan memberitahukan materi apa yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

Nah kesempatan ini jangan disia-siakan, sebelum masuk kedalam kelas. Bukan Smartphone sobat search di Google tentang materi tersebut. Baca meski tidak seluruhnya.

Tapi lebih efektif jika sobat membacanya di buku perpustakaan kampus atau fakultas, karena lebih lengkap pembahasan dan sumber referensinya lebih jelas. 

Tetap jangan lupa, jika membaca siapkan catatan untuk mengingat kembali inti dari yang kita baca.

Memahami Rincian Materi Kuliah Dari Dosen

Diawal pertemuan perkuliahan, biasanya Dosen selalu memberikan rincian tentang materi perkuliahan satu semester kedepan.

Pahami dan catat agar sobat bisa dengan mudah mengerti dan paham tentang materi yang diajarkan. 

Untuk itu jangan lupa mencatatnya dan membaca materi disaat waktu sobat kosong. Selain sobat paham materinya, Sobat juga tidak membuang waktu kosong secara cuma-cuma.

Manajemen Waktu Dengan Baik

Bagian terpenting dari menjadi Mahasiswa adalah sudah dianggap pandai Memanajemen diri dan waktu dengan baik.

Organisasi dan Kuliah sering mengalami jam yang bentrok, dan biasanya ini akan memberikan dilema yang berat kepada Mahasiswa.

Tapi semua itu bisa diatasi dengan memiliki kemampuan Manajemen Waktu Yang Baik. Mulailah mengatur waktu dan membuat daftar mana yang lebih penting untuk didahulukan.

Jangan Sepele Pada Kewajiban

Menjadi Mahasiswa dan ikut Organisasi adalah pilihan, akan tetapi bukan jadi alasan untuk menganggap hal lain sepele.

Kewajiban harus tetap dikerjakan tepat waktu. Dan kewajiban kuliah adalah salah satunya tugas dari dosen.

Banyak Mahasiswa yang mengerjakan ketika deadline sudah di depan mata. Padahal ini akan sangat berdampak buruk kepada Manajemen Waktu tadi.

Kerjakan tugas kuliah dan selesai sebelum deadline. Cicil jika merasa tidak sanggup mengerjakan sekaligus.

Dengan tidak sepele pada kewajiban akan memberikan banyak waktu untuk mengerjakan banyak hal.


Hormati Orang Tua Dan Dosen

Orang Tua adalah orang membesarkan kita hingga seperti sekarang ini. Bisa hidup dan memberikan kehidupan yang layak untuk kita.

Dengan menghormati Orang Tua, maka Tuhan akan Meridhai segala apa yang kita kerjakan dengan niat kebaikan. Jika masih hidup minta Do'a mereka, jika sudah tiada selalu Do'a kan mereka.

Selanjutnya Dosen, Dosen adalah guru yang memberikan kita ilmu selama perkuliahan. Jika tidak hormat kepada Dosen kita meski tidak pernah menjadi dosen matakuliah yang diikuti. Bagaimana kita bisa mendapatkan Keridha-an ilmu dari Tuhan.


Penutup

Organisasi dalam kehidupan Mahasiswa bukanlah hal yang mudah, karena orang-orang yang ikut organisasi karena merupakan pilihan.

Tidak semua orang sanggup mengerjakan Organisasi dan Nilai Tinggi. Tapi banyak orang yang sanggup melakukannya.

Tips yang saya jabarkan berdasarkan pengalaman juga hasil diskusi dengan teman-teman sesama penggiat organisasi kampus.

Jika masih berminat untuk Ikut Organisasi Tapi IPK Tinggi Insya Allah tips yang saya berikan bisa bermanfaat.

Selamat menikmati kehidupan kampus.

Share artikel ini jika sobat merasa ini bermanfaat. Terimakasih

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat