Universitas Samudra Dimana ? Ini Panduan Jalan Menuju Universitas Samudra

Universitas Samudra Dimana ? Ini Panduan Jalan Menuju Universitas Samudra



rahipa.com - Menjelang tahun ajaran baru, tentunya Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta akan menerima mahasiswa baru. Mulai dari seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, Khusus untuk wilayah barat Jalur Mandiri memiliki julukan SMMPTN-BARAT.

Jika sobat bukan dari Aceh atau Sumatera Utara sebagai provinsi terdekat, atau mungkin dari dua provinsi ini, namun belum terlalu tahu setelah sampai Kota Langsa ke arah mana Universitas Samudra. Tenang, Artikel ini membahas Universitas Samudra Dimana ? Ini Panduan Jalan Menuju Universitas Samudra. 

Yang pastinya akan membimbing rekan-rekan sampai ke Universitas Samudra Kota Langsa dengan aman dan nyaman.

Ini saya tulis sekaligus mengenang bagaimana dulu saya berjuang menuju kampus ini yang daerahnya pertama kali saya dengar bahkan dengan imej bahwa Aceh memiliki komplotan GAM. Semu bercampur aduk, namun jiwa saya tertantang untuk mendatanginya.

Oke, sekian intro nya. Tapi sebelumnya saya beritahu bahwa GAM itu ada namun sudah patuh dan tunduk ke Pemerintahan Indonesia, jadi jangan takut lagi ya. Kita perantau aman-aman saja kok disini.

Kita lanjut ke topik utama. Universitas Samudra Dimana ? Universitas Samudra berada di Kota Langsa, tepatnya di Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Kalau dari Sumatera Utara jarak tempuhnya sekitar 4 Jam.

Untuk jawaban dari pertanyaan Universitas Samudra Dimana ? berikut panduan yang akan saya paparkan kepada rekan-rekan



Titik Awal Menuju Kota Langsa



Jika sobat bukan berasal dari Aceh mungkin akan kebingungan angkutan umum jenis apa yang bisa sampai ke Kota Langsa. 

Jika sobat bukan dari Provinsi Aceh, Sebagai patokan utama adalah Kota Medan. Karena Kota Medan adalah tempat terdekat dengan Kota Langsa di luar Provinsi Aceh yang memiliki banyak akses dari seluruh wilayah Indonesia. 

Meskipun Banda Aceh juga bisa jika lewat Transportasi Udara a.k.a Pesawat. Tapi dari Banda Aceh akan memakan waktu 8 jam perjalanan darat, dibanding dari medan hanya 4 jam saja. Dan untuk menuju Kota Langsa saat ini hanya bisa dilalui dengan jalur darat.

Jika sobat sudah sampai di Kota Medan silahkan langsung menuju terminal pinang baris. Terminal pinang baris bisa dijangkau dengan semua kenderaan umum. Tapi agar sobat tidak pusing mencari kenderaan umum, saya sarankan pakai Ojek Online. Seperti Grab atau Gojek.

Kenapa harus pinang baris ? Karena semua terminal Bus atau transportasi umum lainnya terminalnya ada di pinang baris. Oleh sebab itu warga medan jika mendengar Aceh akan melekat dengan Pinang Baris.

Pada abang sopirnya minta diturunkan di terminal bus Aceh. Sampai di terminal Pinang Baris sobat bisa memilih naik bus Sempati Star, Kurnia, Putra Pelangi Perkasa dan lain-lain. Dan Jangan lupa tujuan Kota Langsa. Ongkos bus disekitaran 50 - 80 ribu rupiah.

Saya sarankan naik bus agar lebih aman dan nyaman selama di perjalanan. Selain bus banyak angkutan umum lainnya. Nanti sobat akan tahu jika sudah biasa dalam perjalanan.

Angkutan Umum Ke Kota Langsa


sumber : youtube.com


Untuk perusahaan Bus yang samapai ke Kota Langsa sangat banyak, ada Sempati Star, Putra Pelangi Perkasa, Kurnia, New Pelangi dan banyak lainnya.

Jadi, silahkan sobat pilih bus yang paling nyaman menurut sobat, karena bus aceh semuanya bagus-bagus.

Jika sobat sudah didalam bus atau kenderaan umum yang menuju ke Kota Langsa, sobat bisa minta tolong kepada abang sopir atau kondekturnya untuk diturunkan di tugu, otomatis mereka akan paham. 


Untuk ongkos menuju Kota Langsa dengan menggunakan Bus berkisar Rp 50 rb - 80 rb dengan pelayanan yang sangat bagus

Tapi jika sobat ingin transportasi lain masih banyak yang tersedia. Orang biasa menyebutnya Jumbo. Terminal dari Jumbo ini berada di depan Rumah Sakit Sundari atau depan Masjid Jamik Pinang Baris.

Dengan menaiki Jumbo sobat hanya membayar ongkos sekitar Rp. 35 rb saja jauh lebih murah daripada bus.

Selain itu juga ada minibus L300 yang lokasinya sama dengan Jumbo dan ongkos yang sama juga Rp. 35 rb.

Namun karena akses kesini cukup rumit dan membingungkan. itulah alasan kenapa saya lebih merekomendasikan sobat untuk menaiki Bus.

Jalan Menuju Universitas Samudra



Nah dari tugu ini Untuk sampai ke Universitas Samudra kita hanya bisa menggunakan betor (becak bermotor). 

Becak ini akan mangkal tepat di tugu tempat kita turun, dan biasanya abang becak ini juga sudah tahu bahwa jika ada orang baru, pasti mau ke Universitas Samudra.

Akan tetapi jika ingin lebih pasti. Sebut saja ingin ke Universitas Samudra, dengan sigap abang becak nya akan mengantar hingga ke depan gerbang.

Universitas Samudra berada di Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama.

Tinggal sebutkan dimana akan diturunkan. Ongkos becak dari tugu sampai ke Universitas Samudra sekitar 5 - 10 ribu rupiah.

Dikota Langsa sendiri pada saat ini belum ada Ojek Online yang berbasis Nasional hanya ada Ojek Online Lokal.

Tenang saja, Kota Langsa merupakan Kota Pelajar yang berarti sobat akan merasakan ramahnya masyarakat terhadap Mahasiswa.

Penginapan Mahasiswa Baru



Karena Universitas Samudra belum menyediakan asrama. Jika sobat sudah sampai di Universitas Samudra. 

Sobat silahkan bertanya kepada abang becaknya atau juga warga sekitar, rumah atau kos-kosan mahasiswa yang bisa digunakan sementara waktu selama mengurus berkas perkuliahan atau yang lainnya di Kota Langsa.

Kos-kosan disini sangat dekat dengan kampus. Namun harga berbanding lurus dengan dekatnya kos-kosan ke kampus.

Semakin dekat kos-an ke kampus maka harganya akan semakin mahal, begitu juga sebaliknya. Namun itu tidak akan berbeda jauh.

Jika sobat bertanya kepada abang becaknya maka mereka biasanya menawarkan kos-kosan yang tepat berada di depan kampus Universitas Samudra.

Untuk biaya menginap tidak akan mahal, biasanya 10 - 20 ribu rupiah permalam. Dan jika sobat betah bisa langsung menyewa tempat atau kos-kosan perbulan atau juga pertahun. 

Uang kos an dekat dengan kampus bervariasi tergantung fasilitas yang disediakan oleh pemilik kos. Terutama untuk kos-kosan wanita.

Kos-kos an wanita biasanya sudah dilengkapi dengan tempat tidur dan lemari. Sedangkan laki-laki hanya disediakan kamar saja.

Atau sobat memiliki dana yang terbatas sobat bisa menginap di mesjid daerah sekitar. Mesjid terdekat berjarak sekitar 100 meter ke arah timur Universitas Samudra.

Biaya Hidup Di Kota Langsa



Karena Kota Langsa dijuluki sebagai Kota Pelajar otomatis biaya hidup disini juga sangat terjangkau untuk ukuran Mahasiswa perantau.

Jika sobat bukan merupakan kalangan dari menengah ke atas seperti saya, tenang saja. Tidak akan mengeluarkan biaya banyak jika hidup di Kota Langsa.

Meskipun tidak semurah biaya Hidup di Yogyakarta, namun Kota Langsa menawarkan biaya hidup lebih murah daripada di Kota-kota lainnya di Indonesia.

Untuk lebih menghemat biaya hidup saya sarankan sobat memesan ketringan yang banyak tersedia di daerah kos-kosan mahasiswa.

Dengan begitu sobat akan lebih tenang untuk memikirkan pengeluaran terutama untuk biaya kuliah dan tugas-tugas kuliah lainnya.

Peta Perjalanan Dari Tugu Ke Universitas Samudra



Penutup

Jadi sobat jangan risau dan khawatir, karena penduduk Kota Langsa semuanya ramah dan baik. Semoga dengan artikel ini sobat bisa terbantu banyak dan sedikitnya. Karena tujuan saya agar tidak banyak mahasiswa yang terlantar akibat tidak tahu kondisi daerahnya.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal-afiat. Atau jika sobat masih bingung silahkan hubungi saya mana tahu bisa dibantu. Hubungi saya dengan cara klik Disini

sumber foto: unsam.ac.id

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat