Satu Minggu Blog Diterima Google Adsense ? Ini Tips Yang Harus Diperhatikan

Satu Minggu Blog Diterima Google Adsense ? Ini Tips Yang Harus Diperhatikan


rahipa.com - Dalam dunia Blogging, tentu saja selain menulis kita ingin mendapat keuntungan dari apa yang sudah kita tulis. Salah satunya adalah Adsense, adsense menjadi sahabat sekaligus musuh bagi para blogger. Namun ini tidak berlaku pada web-web besar.

Ketika pengungjung blog kita sudah mulai meningkat, pastinya kita akan tertarik dengan tawaran Google Adsense yang merayu lewat email. 

Disini saya akan membagikan Tips Satu Minggu Blog Diterima Google Adsense. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam mengurus beberapa blog yang memiliki adsense. Dari beberapa blog ini saya menyimpulkan beberapa yang wajib kita ketahui.

Perlu di ingat tips ini hanya untuk pemula. Karena jika blog sobat sudah berumur lebih dari 1 tahun dan memiliki konten yang banyak. Tips ini sudah ketinggalan.

Tips Satu Minggu Blog Diterima Google Adsense

1. Konten Blog Harus Yang Bermanfaat

Jika sobat masih baru dalam dunia blog dan ingin mendaftar Google Adsense (GA) pastikan sobat telah membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Artinya jika blog sobat adalah blog cerpen yang dikarang sendiri. Tidak akan dipandang oleh GA bahkan dibaikan langsung tanpa proses yang lama.

Blog yang sering diterima GA adalah blog tutorial, tips, travel, tekno, materi organisasi, pendidikan, bisnis dan sejenisnya. Jika sobat tidak berbakat di jenis blog di atas, sobat bisa memulai dengan blog campuran artinya semua jenis dimasukkan dalam satu blog.

Perlu di ingat tulisan haruslah memiliki minimal 400 kata dalam satu artikel. Jika kurang dari itu akan sangat sulit untuk diterima karena akan dianggap hanya iseng-iseng membuat artikel.

2. Sudah Memiliki Lebih Dari 20 Artikel

Selanjutnya, artikel yang sudah di publikasikan harus lebih dari 20 artikel, ingat harus lebih jangan pas hanya di 20. Artikel sebanyak ini akan dianggap serius dalam menekuni dunia blog dan memang layak jadi publisher di GA.

Banyak atau tidaknya artikel memang belum terbukti lolos GA, namun artikel yang sudah lebih dari 20 akan memberikan peluang besar diterima Adsense.

Tetap jangan lupa 20 Artikel tersebut adalah artikel yang bermanfaat. 

3. Jangan Ada Broken Link

Broken Links artinya adalah ada beberapa menu atau social media yang tidak memiliki link yang valid. 

Jika masih bingung, didalam blog terdapat beberapa menu yang disediakan oleh template baik dia dari blogger langsung maupun dari template download. Nah sobat harus memberikan link pada menu yang ada atau menggantinya dengan menu yang sobat pilih menjadi niche blog nya.

Broken Link blog saya menggunakan yang gratisan hehe. Klik Disini untuk menggunakan Check Broken Link yang saya gunakan. Broken link akan muncul dan sobat tinggal memperbaiki di Tata Letak atau juga di Desain HTML.

4. Blog Harus Memiliki Halaman Copyright

Saya menggunakan bahasa copyright agar lebih mudah dipahami. Copyright hanya bahasa saya agar bisa menjelaskan dengan semampu saya.

Copyright disini dapat berisi:
  • About
  • Contact Us
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
Untuk about bisa di isi secara manual dari menu Halaman (Page) dan membuat Halaman Baru. Untuk Contact Us, dan Sitemap sobat juga buat di Halaman Baru dan untuk desainnya bisa sobat kunjungi Blog ini. 

Untuk  Privacy Policy dan Disclaimer bisa dibuat secara otomatis silahkan cari saja di google.com ada banyak penyedianya untuk yang memberikan layanan pembuatan otomatis.

5. Template Yang Mobile-Friendly 

Jika sobat sudah melewati 4 tips diatas, maka yang harus diperhitungkan adalah template dari blog kita sendiri. Saya tahu jika sobat adalah blogger pemula pasti akan mencari template yang fresh dan segar tentunya gratisan. hehehe

Saya juga dulu begitu mencari template yang sesuai selera. Karena jujur saya tidak ahli dalam mendesain template sendiri. Saya hanya bisa merombak kecil-kecilan saja. Tapi jika sobat sudah pro mungkin bisa di skip heheh.

Saya pernah mengajukan GA dengan template dari luar negeri, ditolak hingga 2 kali. Begitu saya cari-cari di google.com saya mencoba menggunakan template dari blog yang memenuhi standar di poin 4. Dan Alhamdulillah 5 hari pengajuan langsung diterima.

Nah template yang dulu saya gunakan memang tidak terlalu friendly. Friendly yang saya maksud disini adalah kompatibel dengan berbagai macam device yang membuka nya. Mulai dari Desktop, Tablet, Ipad, sampai smartphone dengan berbagai dimensi layar. 

Tapi yang paling diutamakan adalah mobile-frinedly. karena rata-rata pengguna internet sekarang pasti menggunakan Smartphone. Jadi pastikan sobat memang menggunakan template yang memang mobile-friendly

6. Usia Blog Dan Usia Publisher Harus Memenuhi Syarat

Usia blog memang tidak bisa dijadikan patokan. Namu Google Adsense sangat mengapresiasi blog yang sudah berusia 60 hari. Saya sendiri waktu pengajuan blog usia blog baru 40 hari. Tapi jika sobat merasa tidak yakin, 60 hari adalah batas waktu paling rendah sehingga GA semakin teratarik dengan blog kita.

Ingat di Aprove atau tidak GA menggunakan mesin, jadi tidak terlalu akurat penilainnya, jika mesinnya merasa layak meski belum cukup umur akan diterima langsung.

Selanjutnya Usia Publisher. Disini jika sobat mengajukan GA, sobat akan disebut sebagai publisher dari iklan-iklan yang akan ditayangkan. Nah usia publisher yang akan di lirik oleh GA adalah 18+ atau usia paling aman adalah 20 tahun.

Karena di usia ini sobat sudah dianggap dewasa dan telah memiliki kartu identitas sendiri yang bisa dipergunakan untuk mempertanggungjawabkan isi artikel sobat.

Penutup

Itu semua adalah tips berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika sobat ingin segera diterima Google Adsense. Usahakan memberikan konten yang berkualitas, template yang friendly dan telah memiliki usia yang mumpuni.

Jika sobat sudah melakukan 6 tips diatas. Kemungkinan besar blog sobat akan langsung diterima oleh Google Adsense bahkan kurang dari seminggu. 

Sekian artikel saya, jika ada pertanyaan silahkan bertanya di dalam kolom komentar.

Baca Juga :

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat