Panatapan Jazirah Panyabungan : Tempat Wisata Akhir Pekan

Panatapan Jazirah Panyabungan : Tempat Wisata Akhir Pekan



rahipa.com - Akhir Pekan menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Apalagi yang sudah memiliki rencana bersama teman, sahabat atau keluarga. Tentunya sebelum merencanakan akhir pekan sobat harus menentukan tempat yang akan dijadikan tujuan.


Untuk itu jika sobat sedang mencari-cari tempat wisata di akhir pekan apalagi di daerah Panyabungan akan banyak sekali rekomendasi. Namun diantara itu akan ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Seperti halnya Panatapan Jazirah Panyabungan yang menjadi Tempat Wisata Akhir pekan yang saya rekomendasikan kali ini. Tentu saja sobat semua sudah banyak yang tahu akan tempat ini. Namun tidak ada salahnya saya jelaskan agar lebih jelas dan agar teman-teman kita yang lain semakin kenal.


1. Tempat Yang Sejuk

Panatap Jazirah Panyabungan yang dari dulu hingga sekarang adalah kebun karet menjadikan tetap sejuk dan nyaman meski panas terik. 

Jika sobat ingin bersantai dengan nyaman serta ditemani angin sepoi-sepoi sembari kicauan burung. Panatapan Jazirah merupakan tempatnya. Dengan rimbunnya pohon karet akan memberikan kesejukan dibawahnya.

Untuk menikmatinya kesejukannya sobat bisa bersantai di pondok yang sediakan atau lesehan yang dilapis dengan tikar. 

sumber: facebook.com/AncheSmjtk/

2. Keindahan Alam Bukit Barisan

Jika sobat sering mendengar istilah Bukit Barisan, itu adalah karena Sumatera Utara merupakan daerah yang pegunungan dan perbukitan yang tidak putus dan saling terhubung.

Panatapan Jazirah Panyabungan yang ada di Mandailing Natal secara langsung merupakan jalur bukit barisan tersebut. Sobat akan menikmati keindahannya dari ujung ke ujung yang tidak ada batasnya. 

Sembari menikmati bukit barisan. Sobat juga akan disuguhkan pemandangan lain seperti perdesaan diseberang yang merupakan pedesaan penghasil Gula Merah di Mandailing Natal.

3. Sungai Batang Gadis Yang Mengular

Sungai Batang Gadis menjadi terkenal karena menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air di Mandailing Natal. Dan juga karena jembatannya yang terkenal sebagai lokasi wisata yang menjadi tujuan di hari lebaran.

Nah di Panatapan Jazirah Panyabungan, sobat bisa melihat kebawah tebing setiap lika liku sungai dari hulu yang mengelilingi beberapa peerbukitan di depannya. Dan sesekali sobat akan melihat warga desa seberang di sungai tersebut.

Fakta sungai ini tidak akan berhenti sampai disitu, sampai sobat benar-benar sadar bahwa sungai ini memiliki salah satu spesies ikan unik yang kabarnya hanya ada di sungai ini.

4. Spot Swafoto Yang Keren

Karena tempat ini dibangun bertepatan dengan jaman swafoto menjadi trend dikalangan generasi milenanial dan generasi z, sehingga sobat akan diberikan fasilitas untuk ber swafoto.

Tidak hanya satu namun ada beberapa spot yang bisa sobat gunakan sesuai selera dan keinginan masing-masing. Mau ditengah atau di pinggiran tebing, tenang tetap aman kok.

Dengan begitu jika sobat kesini, selain bisa menikmati akhir pekan. Sobat juga bisa mengabadikan momen dengan orang-orang tersayang.


5. Berdampingan Dengan Lokasi Rumah Sakit Umum

Jika sobat suatu saat terserang penyakit tiba-tiba, bisa langsung masuk ke rumah sakit. hehehe. becanda.

Kenapa poin 5 ini menjadi salah satu alasan ? yap, karena dari sini sobat bisa melihat kebawah lagi dan terlihat bagas godang Mandailing Natal disebelah selatan dan tepat dibawah sobat akan melihat jalan lintas sumatra tempat berlalu lalang mobil-mobil lintas provinsi.

Sedikit lebih keatas sobat akan melihat komplek pegunungan Sorik Marapi, gunung aktif yang ada di Mandailing Natal, dan tempat favorit pendaki lokal maupun luar daerah.

Kearah Utara sobat akan melihat hamparan Kecamatan Panyabungan meski tidak seluruhnya.

6. Fasilitas Yang Lengkap

Saya bilang lengkap bukan berarti semua ada ya, tapi untuk kebutuhan kebutuhan penting disini tersedia. Jadi tidak akan banyak kendala jika sobat kesini.

Misalnya sobat membawa kendaraan pribadi, sobat tidak pusing memikirkan parkir dimana, meski parkinya di sepanjang jalan itu tidak akan menghambat kenderaan lain.

Tempat makan, Yap dilokasi ini terdapat kedai yang bisa menyuplai kebutuhan perut sobat. Mulai dari minuman makanan yang berbagai macam jenis, tergantung sobat.

Selanjutnya WC Umum, Yang merupakan fasilitas wajib di setiap tempat wisata. Meski tidak banyak jumlahnya namun bisa menampung pengunjung yang ingin menggunakannya.

7. Akses Yang Mudah

Akses ke tempat ini cukup mudah, sobat bisa menggunakan angkutan umum atau juga kendaraan pribadi seperi Sepeda Motor, Mobil atau lainnya. Sebab lokasinya tepat di Payaloting Komplek Perkantoran Bupati Mandailing Natal.

Jadi jika sobat baru pertama kali dari sini, saya sarankan masuk dari gerbang selatan jika datang dari arah panyabungan atau gerbang pertama jika dari arah kotanopan.

Sobat akan melalui jalan yang agak menanjak setelah itu akan menjumpai perempatan, langsung belok ke arah kanan. Sekitar 200 meter dari perempatan sobat akan sampai ke tempat.

Penutup

Sebagai tempat wisata di pusat kota, tentunya disini merupakan tempat yang ramai dikunjungi masyarakat terutama di akhir pekan. Selain karena tempatnya memang keren juga karena memiliki panorama alam yang cukup memuaskan mata.

Namun, meski demikian ada kekurangan yang harusnya dilengkapi, yaitu musholla. Yap kita tahu bahwa di daerah ini adalah mayoritas muslim yang artinya mereka butuh tempat ibadah jika sudah memasuki waktu solat.

Mudah-mudahan kedepannya ini bisa terealisasi sehingga lebih nyaman bagi pengunjung. Karena kenyaman pelanggan yang paling utaman.


Baca Juga:

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat