Danau Siombun : Wisata Alam Di Mandailing Natal

Danau Siombun : Wisata Alam Di Mandailing Natal




rahipa.com -  Mandailing Natal menjadi salah satu daerah dengan sejuta pesona, banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan, baik dia yang tercipta oleh alam maupun dibuat oleh manusia. Potensi alam ini jika dikelola menjadi salah satu pendapatan yang cukup besar untuk Kabupaten Mandailing Natal.


Salah satu potensi wisata yang tercipta oleh alam adalah Danau Siombun di Kelurahan Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan. Danau Siombun merupakan danau yang tercipta secara alami dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu.


Danau sebenarnya ada dua jenis, yaitu Danau Buatan dan Danau Alami. Danau Siombun merupakan salah satu Danau Alami di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Dan merupakan danau tua diantara danau-danau alami lainnya.


Banyak cerita-cerita legenda mengenai danau ini seperti cerita legenda lainnya yang ada di Nusantara. Danau siombun juga memiliki cerita legenda sendiri. Namun cerita ini memiliki banyak versi.


Legenda Danau Siombun


Salah satu versi yang pernah saya dengar adalah, bahwa dulunya Danau Siombun adalah sebuah sungai besar, hingga akhirnya ketika suatu saat ada seorang anak raja ketika menyeberangi sungai tersebut.


Malang tak dapat diraih untung tak dapat ditolak, anak raja ini kehilangan cincin kesayangannya dan jatuh kedalam sungai tersebut. Sampai akhirnya dia meminta bantuan untuk mencari cincin tersebut.


Karena sungai yang besar dan dalam, mereka berinisiatif untuk menutup jalur air tersebut, namun cincin tak kunjungi dijumpai. Akhirnya mereka menyerah.


Dan terciptalah Danau Siombun karena sungai yang ditutup alirannya.


Versi lainnya dari masyarakat setempat, dahulu kala ada seorang anak yang meminta air pada ibunya. Tapi ibunya tidak memberikan air sehingga dia menjadi marah dan membuang air yang ada disana. Sebuah sumur muncul tiba-tiba dan makin membesar yang akhirnya membentuk Danau Siombun.

Namun ini adalah cerita legenda di masyarakat. Masih banyak versi-versi lainnya yang menarik untuk diketahui.


Danau Siombun Sekarang


Danau Siombun menjadi salah satu danau alami yang ada di Kabupaten Mandailing Natal, airnya yang jernih dan tidak pernah kering ini menjadi salah satu daya tarik untuk dikunjungi.


Selain itu juga ikan-ikan yang ada di Danau Siombun ini sangat unik, berbeda dengan ikan-ikan pada umunya. Mungkin karena ini danau yang sudah ada sejak lama, makanya spesies yang ada didalamnya berbeda.


Danau Siombun ini juga karena kejernihan airnya menjadikan salah satu Perusahaan menjadikan Danau Siombun menjadi sumber daya nya, yaitu PDAM. Yang airnya dialirkan ke masyarakat-masyarakat Kabupaten Mandailing Natal.


Perlu diketahui bahwa Danau Siombun adalah danau air tawar namun rasa airnya tidak seperti air tawar biasa. 


Harapan Danau Siombun Kedepannya


Danau Siombun mempunyai potensi yang sangat besar untuk dijadikan objek wisata, selain menambha pemasukan ke Pemkab Mandailing Natal, juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar yang rata-rata pekerjaannya adalah bertani.


Tidak perlu dihias secara muluk-muluk, hanya perlu disediakan tempat untuk para pengunjung bisa menikmatinya. 


Juga tidak perlu pemerintah kabupaten mengelolanya semua, Pemerintah bisa bekerja sama dengan pihak Kelurahan Dalan Lidang agar lebih tertata rapi dan sedap dipandang.


Karena bagaimanapun juga Masyarakat Dalan Lidang yang lebih paham akan potensi daerahnya sendiri.


Penutup


Danau Siombun adalah salah satu objek wisata yang wajib di pugar kembali, untuk membangkitkan potensi wisata harus didukung juga dengan pembangunan yang bagus. Pemerintah harusnya bekerja sama dengan masyarakat Kelurahan Dalan Lidang dalam hal pengembangannya. Agar objek wisata ini tidak tertinggal begitu saja.


Demikian Artikel kali ini, semoga bermanfaat dan kita semua sadar akan potensi wisata tersebut.


Baca Juga : 






Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat