Berbeda Dari Negara Lain ini dia 5 Kebiasaan Pengguna Smartphone Di Jepang

Berbeda Dari Negara Lain ini dia 5 Kebiasaan Pengguna Smartphone Di Jepang


rahipa.com - Jika kita berbicara tentang Negara Jepang maka yang terlintas adalah Anime, Teknologi, dan Hal-hal unik yang asing bagi orang-orang lain.


Jepang kita kenal sebagai Negara yang teknologinya maju, sudah pasti pengguna Smartphone juga akan sangat banyak. Smartphone saat ini menjadi kebutuhan untuk setiap orang apalagi dimasa Pandemi Covid - 19 seperti ini. Yang mengahruskan Bekerja, Belajar dan lain sebagainya dilakukan dari rumah.


Tapi tahukah sobat, bahwa Jepang memiliki kebiasaan khusus dalam penggunaan Smartphone. Apa saja itu ? Ini dia 5 Kebiasaan Pengguna Smartphone Di Jepang.


1. Tidak Ada Telepon di Transportasi Umum

Jika sobat pertama kali datang ke Jepang atau sobat tidak familiar dengan sistem transportasi Jepang, mungkin sobat akan kaget saat mengetahui bahwa orang Jepang menghindari mengangkat telepon di Kereta, Bus atau transportasi umum lainnya. 


Orang Jepang sangat memperhatikan sekeliling mereka dan selalu berhati-hati agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Hal ini merupakan salah satu isu yang kerap dibahas orang jika membicarakan tentang kesopanan dan etika serta privasi orang Jepang di muka publik.


Berbeda ya dengan di Indonesia, orang-orang akan bebas menggunakan Smartphone mereka tanpa ada rasa empati jika orang lain terganggu.


Yah meskipun begitu, tetap saja ada satu dua orang yang bandel, Jadi, mungkin saja suatu saat jika sobat ke Jepang akan menemukan orang yang tidak tahu sopan santun yang berbicara dengan suara keras di kereta.


2. Tidak Ada Hands-Free Ketika Mengangkat Telepon

Jika di Negara-negara Asia dan Amerika mengangkat telepon dan mengobrol dengan diri mereka sendiri tanpa terlihat smartphone menempel di telinga alias pakai Hands-Free yang notabenenya Hands-Free sedang hits. Pemandangan ini tidak akan sobat temukan jika sedang di Jepang.


Di Negara yang terkenal dengan teknologinya ini, hal ini mungkin akan terasa mengejutkan. Berpikir seperti ini "Sekelas Jepang dengan Teknologi maju tidak ada orang mengangkat telepon dengan menggunakan Hands-Free".


Namun itulah Jepang, banyak warganya yang menghindari mengangkat telepon dengan earphone atau headset.


3. 'Aruki-sumaho' dan Cara Menanganinya

Aruki-sumaho adalah istilah di Negara Sakura yang maksudnya adalah orang yang berjalan sambil melihat handphone untuk mengirim pesan atau menonton video atau juga membuka sosial media. Hal ini menjadi salah satu masalah besar yang menjangkiti orang-orang di dunia ini terutama di kalangan anak muda. 


Sudah banyak kasus kecelekaan atau yang lebih fatal lainnya karena terlalu fokus menggunakan handphone saat berjalan kaki.


Nah di Jepang, mereka punya cara unik untuk menanganinya. Percaya atau tidak, Jepang punya aplikasi khusus yang dapat menghentikanmu untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain saat berjalan di tempat umum. Bahkan sebuah perusahaan di Jepang bernama Domoco juga membuat handphone dengan fitur keamanan yang akan mengirim pesan pada sanga pemilik untuk berhenti saat mereka mulai melakukan 'Aruki-sumaho'.


Pemerintah jepang juga meluncurkan kampanye dan merilis iklan serta video untuk mengingatkan kesadaran penduduk. Hal ini sepertinya manjur, karena makin banyak orang hanya menggunakan smartphone mereka saat berdiri atau duduk dibandingkan berjalan.


4. Menonton Video dan Mendengarkan Musik Harus Pakai Earphone

Menonton video dan mendengarkan musik menjadi kebiasaan orang-orang saat ini dimanapun dia berada, selain sebagai pengisi waktu disaat senggang juga sebagai penenang disaat penat.


Dengan adanya akses streaming video, opsi mengunduh berbagai episode favorit kita, dan meningkatnya kualitas smartphone membuat smartphone sudah mampu menggantikan posisi komputer dan televisi.


Namun, di beberapa Negara orang-orang malah memanfaatkan kenyamanan itu dengan membuat orang lain tidak nyaman. Yah itu dia menonton video atau mendengarkan musik tanpa menggunakan earphone.


Tapi di Jepang, mendengarkan sesuatu dari smartphone di depan publik tanpa menggunakan earphone dianggap tidak baik. Untungnya, hampir tidak ada yang melakukannya selain karena tidak sengaja misalnya earphone tidak terhubung dengan benar, dan mereka akan segera meminta maaf pada orang sekitarnya.


5. Tertib di Tempat Kerja Tanpa Smartphone

Seperti yang kita sering baca dan dengar, bahwa perusahaan Jepang memang sangat tertib. Sobat tidak diperbolehkan membuang-buang waktu dan hanya mengerjakan apa yang diperintahkan. Meski hanya sekali mengintip layar smartphone saat meeting atau ketika sobat lelah, itu akan membuat kesal orang lain di kantor sobat.


Eits, tunggu dulu, bisa kok menggunakan Smartphone jika dalam keadaan tertentu yaitu dengan meminta izin untuk menggunakannya sebentar. Namun, meskipun begitu tidak semua perusahaan Jepang tertib dalam penggunaan Smartphone. Karena kini sudah banyak perusahaan yang cukup fleksibel dalam lingkungan kerjanya. Misalnya pada perusahaan gaming yang memperbolehkan pegawainya mempergunakan elektronik mereka.



Penutup

Jepang menjadi Negara unik dalam budaya sopan santunnya, yang tida habis-habisnya untuk dibahas dan ditelusuri. Mereka bahkan memperhatikan hal-hal kecil disekitar mereka. Berbeda dengan Negara lain yang terkesan cuek dengan lingkungan sekitar mereka.


Jepang menjadi terkenal karena teknologinya yang canggih, orangnya yang ramah, budayanya yang unik serta lainnya.



Demikian Artikel kali ini, semoga sobat mendapat sedikit pengetahuan dan referensi, share jika sobat merasa artikel ini bermanfaat. :)


Baca Juga: 
Sumber artikel ini dari 

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat