10 Tempat Wisata Di Madina (Mandailing Natal) Yang Paling Rekomendasi

10 Tempat Wisata Di Madina (Mandailing Natal) Yang Paling Rekomendasi


rahipa.com - Mandailing Natal atau biasa disebut dengan Madina, merupakan kabupaten paling ujung di Sumatera Utara dan merupakan perbatasan antara Sumatera Utara dengan Sumatera Barat. Dengan bukit barisan yang berjejer rapi, sungai besar mengalir hingga ke pantai. Mandailing Natal memiliki ke istimewaan dengan adanya Taman Nasional Batang Gadis dengan berbagai macam Flora dan Fauna di dalamnya.

Jika kita kenal Aceh sebagai sebutan serambi Mekkah, maka kabupaten yang disebut serambi mekkah ialah Kabupaten Mandailing Natal, atau orang lain juga menyebutnya sebagai kabupaten seribu pesantren. Sebutan yang memang menunjukkan betapa banyaknya pesantren disetiap sudut daerahnya.

Terlepas dari itu semua, Madina menjadi salah satu tujuan wisata. Berbicara tentang wisata, Mandailing Natal menyimpan keindahan yang tidak habis-habisnya untuk di ekspos.

Pada artikel kali ini, saya akan menulis 10 Tempat Wisata Di Madina (Mandailing Natal) Yang Paling Rekomendasi. Skuy disimak:


1. Pantai Batu Badaun

Pantai ini berada di garis pantai barat-nya Sumatera. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Muara Batang Gadis ini ditempuh sekitar 7-8 jam dari pusat Kota Panyabungan.

Dengan pantai hamparan pasir yang bersih menambah keindahannya. Dan tepat dipinggiran pantai terdapat batu karang besar yang ditumbuhi tanaman. Itulah sebabnya ini disebut batu badaun.

Selain menikmati pantai sobat akan menikmati indahanya sunset di kala sore hari di cuaca cerah. Keindahan ini hanya bisa sobat nikmati di tepian pantai barat sumatera.

Setelah sobat puas menikmati pantai, sobat bisa memutar jalan menuju ke Tap-Sel dan singgah di air terjun simatutung di pinggiran Danau Siais.

Oh iya, sepanjang yang saya tau akses ke Pantai Batu Badaun bisa menggunakan kenderaan pribadi dan kenderaan rental. Belum tersedia angkutan umum.


2. Air Terjun Sigala-Gala

Jika sobat pecinta air terjun, maka Mandailing Natal tidak diam begitu saja. Ada banyak air terjun di Mandailing Natal, namun belum semua bisa di akses dengan aman. Tapi saya tulis salah satu wisata air terjun yang paling populer di Mandailing Natal.

Yap, Air Terjun Sigala-gala. Air terjun ini berlokasi di Desa Sigala-gala Kecamatan Panyabungan Selatan dengan waktu tempuh kenderaan sekitar 30 - 45 menit perjalanan. Setelah itu dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 - 20 menit.

Air terjun dengan tinggi kurang 15 meter ini ramai dikunjungi wisatawan. Bukan saja wisatawan dari Mandailing Natal, namun juga dari luar daerah.

Perlu sobat tau, ini adalah air yang turun langsung dari kawah gunung Sorik Marapi. Jadi jika sobat mencicipi arinya, tidak akan seperti air tawar yang biasanya dan juga akan perih jika terkena mata.

Kabar baiknya lagi, jika sobat tidak membawa kenderaan pribadi, maka sobat bisa menaiki kenderaan umum, yaitu angkot dengan nomor 04 tujuan Tano Bato - Panyabungan Selatan.


3. Sopo Tinjak

Nah, sekarang kita menaiki lembah gunung Sorik Marapi dan menikmati keindahannya. Iya betul, kita akan menjelajah hutan dikiri kanannya, ya meski sudah dibuat jalan raya di dalamnya, hehehe.

Sopo Tinjak merupakan salah satu desa yang berada di Lembah Gunung Sorik Marapi. dan disinilah salah satu lokasi Taman Nasional berada, yaitu Taman Nasional Batang Gadis.

Jika beruntung hari cerah, maka sobat akan melihat keindahan bukit yang lepas hingga kelaut. Dan jika cuaca lagi hujan maka sobat juga akan melihat jelas proses hujan, yaitu jatuhnya air dari awan-awan  gelap.

Tidak perlu khawatir, disini tersedia kok tempat untuk menikmati keindahan tersebut. Duduk bersantai sambil menikmati secangkir teh/kopi. Dan saya ingatkan lagi, seruput minuman sobat begitu dihidangkan, karena suhu dingin membuat minuman sobat tidak akan lama menahan panasnya.

Tempat yang saya bilang ini ada diatas desa ya, jadi jika sobat turun kebawah, disana sobat bisa menikmati kesegaran air gunung yang akan menggugah selera menceburkan diri.

Mmm, satu lagi jika sobat pecinta alam dan suka berkemah/camping, Disini ada Bumi Perkemehan loh, yaitu Bumper Pramuka Mandailing Natal.

Sopo tinjak berada di Desa Sopotinjak Kecamatan Batang Natal dengan jarak tempuh 1 jam lebih dari pusat kota Panyabungan. Oh ya ini adalah jalan yang akan dilalui jika ingin ke Pantai Batu Badaun Loh.


4. Desa Sibanggor 

Desa sibanggor tidak hanya satu namun ada Sibanggor Tonga, Sibanggor Julu dan Sibanggor Jae. Namun agar sobat tidak bingung kita sebut saja Desa Sibanggor karena itu tidak memiliki beda yang signifikan.

Kenapa Desa Siabanggor masuk daftar rekomendasi ?. Nah, Sibanggor merupakan salah satu desa yang berada di puncak sorik marapi. Bukan, itu nama Kecamatannya bukan tepat dipuncaknya.

Kembali ke topik Sibanggor masuk ke dalam daftar karena merupakan salah satu Desa yang masih memiliki nilai kebudayaan Mandailing, mulai dari bentuk rumahnya, masyarakatnya dan segala macam di dalamnya.

Akses kesini juga cukup mudah, ada banyak angkot tiap jam yang akan mengantar penumpang ke kedua tempat ini. Jika sobat dari Pusat Kota Panyabungan naik saja angkot nomor 05.

Selain itu, alasan lainnya adalah objek wisatanya tidak hanya satu.

4.1 Rumah Tradisional Sibanggor

Rumah ini adalah rumah berdinding bambu dan beratap ijuk, khas rumah orang Mandailing pada jaman dahulu.

Rumah tradisional ini tidak banyak lagi di Mandailing Natal, jadi jika sobat penasaran datang dan kunjungilah Desa Sibanggor yang berada di Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Berjarak sekitar 45 menit dari pusat Kota Panyabungan.

4.2 Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas ini adalah air panas alami yang langsung mengalir dari Gunung Sorik Marapi. Tidak dipanaskan pada tempat pemandian air panas yang di kota-kota hehe.

Pemandian Air Panas ini memiliki tiga tempat. Di Desa Hutaraja dan Desa Sibanggor Julu, di Desa Hutaraja pemandainnya berupa sungai kecil yang mengalir dari Kawah Gunung Sorik Marapi. Tapi tenang dengan suhu yang dingin  di desa ini dan bercampur dengan sungai kecil menjadikan suhu air ini bisa dinikmati.

Pemandian di Desa Sibanggor Julu merupakan pemandian yang dibuat sekat antara wanita dan laki-laki. Airnya sendiri muncul dari batu-batu karang yang berada disekitarnya. Yang juga merupakan air dari Kawah Sorik Marapi.

5. Putaran Panatapan

Nah kita balik lagi ke lembah sorik marapi. Yap, Putaran Panatapan adalah salah satu wisata yang masuk dalam daftar. Karena tempat ini merupakan spot yang paling tepat untuk melihat kelap-kelip Kota Panyabungan di malam hari secara keselurhan.

Tempat ini merupakan jalan menuju Sopo Tinjak juga loh, jadi jika sobat ingin berkunjung ke Sopo Tinjak bisa sekaligus melihat hamparan Kota Panyabungan nun jauh disana.

FunFact-nya: ini adalah tempat favorit salah satu tokoh Pendidikan Nasional loh. Disini beliau menuliskan syair-syair legendarisnya. Tokoh itu adalah Willem Iskandar.

Jika sobat kesini maka siap-siaplah untuk membawa kenderaan pribadi. Karena angkutan umum tidak memiliki tujuan khusus ketempat ini.

6. Pantai Natal

Jika sobat telah pergi ke Pantai Batu Badaun yang saya sebutkan diatas tadi. Maka sobat akan melewati Pantai Natal. Sejujurnya saya tidak tau tepatnya Pantai Natal ini dimana, karena sepanjang garis Pantai di Kecamatan Natal disebut Pantai Natal, hanya saja orang-orang sekitar menamai pantai-pantainya sendiri.

Jangan bayangkan sobat di Pantai ini bisa berselancar dan menaiki banana boat sepeti pantai pada umumnya. Disini hanya terdapat hamparan pasir yang panjang yang bisa dibilang ujung ke ujung tidak kelihatan.

Satu-satunya yang paling menarik disini adalah sunset-nya dikala senja.

Tapi selain itu ada banyak keindahan yang tersaji di tempat ini yang saya sendiri tidak bisa sebutkan satu persatu.

Oh ya jika sobat kesini, ada kok kenderaan umum yang bisa sobat pakai. Misalnya naik travel, atau medium bus.

7. Legenda Sampuraga

Jika sobat pecinta cerita legenda. Mandailing Natal punya banyak yang bisa diceritakan, namun diantara sekian banyak cerita legenda yang paling populer dan sampai di buatkan filmnya adalah Sampuraga

Sampuraga adalah sebuah tempat di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat. Dan saat ini telah dipugar oleh Bupati Mandailing Natal. Dengan tampilan barunya Sampuraga menyuguhkan keindahannya.

Selain menikmati wisata sobat juga bisa mempelajari sejarah terciptanya tempat ini. Ya meskipun cerita Legenda ada pesan yang tersirat di dalamnya.

Jarak tempuh dari Pusat Kota Panyabungan sekitar 45 menit menuju kearah barat. Untuk sampai kesana sobat bisa menggunakan kenderaan umum seperti angkot dengan nomor 06 tujuan Longat.

8. Bukit Muhasabah

Bukit Muhasabah merupakan pendatang baru dalam dunia perwisataan di Mandailing Natal. Yap, ini merupakan wisata yang baru saja dibangun oleh Bupati Mandailing Natal. Seperti tempat wisata lainnya, ada nama islami dibelakangnya. 

Bukit Muhasabah berada di Kelurahan Dalan Lidang. Keindahan bukit ini sangat banyak. Sobat bisa menikmati Sunrise di pagi hari, sunset di sore harinya. Selain itu juga, sobat bisa menikmati indahnya panyabungan di malam hari dari atas bukit ini.

Keindahan ke Bukit Muhasabah memang sedikit memakan tenaga karena jalan kesini belum terbilang bagus-bagus kali. Tapi tidak usah khawatir, jalannya kesana masih bisa dilalui dengan tenang.

Jarak kesini dari pusat Kota Panyabungan sekitar 20 menit. Dan hanya bisa menggunakan kenderaan pribadi agar sampai ke atas bukit.

9. Pulau Tamang

Yes. Kita kembali lagi ke pinggiran Samudra Hindia. Dengan pantai baratnya yang eksotis kita diperlihatkanlagi surga tersembunyi di Mandailing Natal.

Pulau Tamang adalah lokasi wisata baru yang mulai populer beberapa tahun terakhir ini. Dengan laut yang begitu bersih hingga membiru, Rumah penduduk yang masih tradisional. Dan keseharian masyarakat. Akan memberikan kesan tidak terlupakan jika sudah menginjakkan kaki disini.

Namun jika sobat ingin kesini, jangan berharap akan adanya penginapan seperti hotel atau motel. Jika ingin menginap yang tersedia adalah rumah warga dan jika ingin berbaur dengan alam, saya sarankan sobat membawa tenda dan kita ber camping ria disini.

Pulau Tamang berlokasi di Kecamatan Batahan, dan jika sobat ingin kesini dengan kenderaan umum hanya bisa mengantar sampai Pusat kecataman batahan dan dilanjutkan dengan menyeberangi laut dengan menumpang di perahu nelayan warga sekitar. Jarak tempuh dari Pusat Kota Panyabungan kurang lebih 5 jam dan menyeberang dengan perahu nelayan memakan waktu beberapa menit saja.

10. Panatapan Jazirah Panyabungan

Nah yang terakhir ini berada di komplek Perkantoran Bupati Mandailing Natal di Paya Loting. Tempat yang terbilang baru ini menjadi hits dan populer diantara tempat wisata yang ada di Kecamatan Panyabungan.

Karena baru atau karena indah saya tidak tahu pasti kenapa menjadi populer. Tapi yang pasti disini sobat bisa menikmati bukit barisan serta air mengalir yang indah dibawahnya.

Selain itu sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan sobat bisa memesan makanan dan bisa bersantai di pondok atau lesehan. Jangan sampai telat ya sobat. Karena pengunjung disini cukup ramai.

Oh ya jarak dari Pusat Kota Panyabungan kesini sekitar 30 menit dan bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum seperti angkot dengan nomor 02. 

Lokasi Panatapan Panyabungan ini berada di Desa Parbangunan.

Penutup

Wisata di Mandailing Natal sangat banyak. Namun saya mengambil 10 diantaranya sebagai rekomendasi yang bisa sobat kunjungi di hari libur. Meski begitu saya akan membahas tempat wisata lainnya pada artikel yang akan datang.

Demikian artikel kali ini. Jika sobat merasa ini beermanfaat jangan lupa beritahu teman-teman. Jika ada kritik dan saran hubungi saya dari kontak yang telah saya sediakan.

Baca Juga:

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat