Saka Bhayangkara Polres Madina

Saka Bhayangkara Polres Madina




Saka Bhayangkara adalah salah satu Saka tertua di Indonesia. Pada awalnya Saka dibentuk pada Polisi dan Militer namun belakangan ini karena kebutuhan dan perkembangan zaman banyak Saka terbentuk baik Nasional maupun di Daerah.


Saka merupakan singkatan dari Satuan Karya Pramuka, merupakan tempat para Pramuka penegak dan pandega belajar Pramuka selain di gugusdepan. Saka tidak sama dengan gugusdepan dan tidak sama dengan Dewan Kerja. Saka berdiri sendiri dan tetap berkoordinasi dengan gugusdepan dan kwartir terkait.


Mandailing Natal (Madina) Merupakan salah satu Kabupaten di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Kabupaten pemekaran dari Tapanuli Selatan pada 1999 silam. Dan menjadi daerah otonomi yang dipimpin oleh Bupati dengan wakilnya.


Pramuka di Mandailing Natal tidak bisa disebut maju atau bahkan berkembang, namun saya percaya suatu hari nanti akan menjadi kabupaten dengan 1000 Pramuka Garuda.


Saka Bhayangkara merupakan salah satu Saka pertama yang ada di Kabupaten Mandailing Natal sejak berdirinya Kabupaten Mandailing Natal. Dan menjadi salah satu Saka paling aktif dan saat diisi oleh angkatan IX dan X dan beberapa Demisioner dari angkatan V, VI, VII, VIII.


Saka Bhayangkara pernah Vakum beberapa tahun sejak angkatan IV dan aktif kembali pada tahun 2014 dengan anggota aktif angkatan V, hingga sekarang telah mendidik 5 angkatan sejak diaktifkan kembali.


Kegiatan yang dilaksanakan Saka Bhayangkara Polres Madina adalah kegiatan tahunan seperti, penerimaan calon anggota, pendidikan calon anggota, pemantapan calon anggota, dan pendidikan dasar atau pemantapan akhir sebelum dilantik menjadi anggota Saka Bhayangkara.


Selain itu Saka Bhayangkara Polres Madina juga sudah menyelenggarakan PERTIKARACAB (Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara) pada 2018 silam yang diikuti oleh 10 Saka Bhayangkara di 10 Polsek sewilayah hukum Polres Madina.


Saka Bhayangkara Polres Madina juga sudah mengikuti kegiatan Nasional seperti PERAN SAKA (Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka) di Bumi perkemhan Nanga-nanga, Kendari, Sulawesi Utara pada tahun 2015. PERTIKARADA SU(Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Daerah Sumatera Utara) tahun 2016 dan tahun 2018 (keluar sebagai juara umum).


Saat ini tahun 2020 harusnya Saka Bhayangkara mengikuti kegiatan Nasional, PERTIKARANAS namun karena adanya pandemi Covid 19 kegiatan ini ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Sebagai salah satu dari Keluarga Besar Saka Bhayangkara Polres Madina, suatu kebahagiaan bisa bertemu dengan mereka yang mempunyai rasa persaudaraan yang tinggi.


Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat