Hal Ini Akan Membuat Kamu Miskin Seumur Hidup

Hal Ini Akan Membuat Kamu Miskin Seumur Hidup




Dalam menjalani hidup kita memang tidak butuh materi yang berlipat ganda karena akan susah mempertanggung jawabkannya di akhirat kelak. Apalagi jika kita tidak pandai mengelolanya secara baik.


Namun, bukan berarti kita anti pada harta dunia karena ini juga bisa menyelamatkan kita di akhirat jika dipergunakan ke jalan kebaikan. Dan juga untuk menjaga kita dunia agar bisa beribadah dengan tenang.


Tapi perlu diingat miskin bukanlah sesuatu yang hina, jika kita sudah berusaha keras, berikhtiar dan berdoa. Namun hasilnya belum memuaskan, jangan pernah menyalahkan siapapun. Tapi kembalilah bekerja lebih dan perbanyak memperbaiki diri.


Seperti di artikel kali ini, saya menulis hal-hal yang akan membuat kamu miskin seumur hidup. Sebelum ke inti kita satukan pikiran dulu, yaitu Miskin bukan hal yang hina, tapi jika kita berkecukupan maka kita bisa lebih banyak membantu saudara kita yang belum mampu.


Berikut beberapa hal yang membuat sobat miskin seumur hidup, pelajari dan renungkan pada kehidupan sobat.


Mindset Kamu Masih Miskin

Hal paling utama yang akan membuat kamu miskin adalah mindset sobat sendiri. Berusahalah agar selalu berpikir optimis dan berhenti mengeluh ketika sobat menghadapi masalah. Mencari solusi lebih baik dari pada hanya mengeluh.

Jika masih mengeluh dan tidak bisa mencari solusi, cobalah berbagi cerita dengan orang terdekat, jika hati tenang maka solusi akan lebih mudah dipikirkan.


Tidak Punya Rencana Masa Depan

Orang-orang yang kita lihat sukses adalah mereka yang dulunya memiliki Goal dalam hidupnya. Dia sudah memasang target dalam jangka waktu tertentu.Target yang kita buat akan memacu diri sendiri dalam mencapainya. Tapi ingat, tidak ada hal yang instan semua butuh proses.

Maka pastikan dari sekarang sobat memiliki target hidup, mulai dari hal yang sederhana misalnya target bulan depan, atau 1 tahun kedepan.


Lebih Suka Terlihat Kaya

Banyak orang yang ingin terlihat kaya di antara teman tongkrongan atau di dunia maya, mereka rela menghabiskan uang berapapun agar bisa terlihat lebih dari yang lain. 

Belilah barang yang memang mampu kamu beli, tidak perlu memaksakan diri apalagi memberi barang yang hanya dibuat untuk Bergaya. Satu hal yang harus kamu ingat, Tidak ada yang peduli dengan Gaya mu. 

Toh Bill Gates, orang terkaya, style dia gitu-gitu aja. Namun tetap disegani.


Suka Berhutang Konsumtif

Berhutang memang saat ini adalah hal yang wajar, apalagi itu dalam keadaan mendesak. Namun jika terpaksa berhutang, harus ada manfaat yang benar-benar diantara itu.

Banyak orang berhutang hanya karena dia ingin membeli sesuatu yang tidak penting hanya tergoda nafsu saja.

Berhutanglah yang produktif, yang memang utang tersebut bisa menghasilkan uang kembali bukan yang malah menghabiskan uang lebih banyak dari kantong sobat.


Buta Keuangan Dan Investasi

Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kita baru pertama kali memiliki uang yang banyak. Saya sendiri sering tergoda jika sedang memiliki uang lebih.

Mengelola keuangan hal yang paling disarankan adalah membuat catatan-catatan untuk pengeluaran agar terkontrol dengan baik. Hal sepele namun berdampak besar.

Investasi adalah hal yang paling penting saat ini, investasi mungkin diantara kita kalimat ini masih asing. Untuk berinvestasi butuh ilmu yang banyak, makanya rajin-rajin belajar dan banyak membaca.


Bermalas - Malasan

Penyakit kita semua adalah rasa malas, namun banyak diantara kita yang bisa mengatasi rasa malasnya dan merekalah orang-orang yang berhasil.

Orang yang berhasil gemar bekerja dan disiplin dalam berusaha, bahkan tidak sedikit dari mereka yang bekerja diatas rata-rata orang lain. Sedangkan kita hanya menjadi penonton yang budiman.


Merasa Sudah Pintar

Kadang orang-orang ketika sudah mengetahui satu hal sudah merasa pintar dan susah menerima pendapat dan kritikan dari orang lain. Jangan pernah merasa, apalagi kamu gak benar-benar pintar.

Steve Jobs founder apple.inc pernah berkata
"Stay Foolish Stay Hungry"



Demikian artikel kali ini semoga sobat bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah lalu dan memulai sesuatu yang baru.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat, dan jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya.


Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan sobat, saya akan menjawab secepat yang saya bisa.


Baca Juga: Hal-hal Ini Yang Membuat Jualan Kamu Tidak Laku Di IG 


1 comment

Ceklis Notify Me agar nanti ada laporan balasan dari komentar sobat