Mandailing Natal : Makam Raja-raja Hutagodang

Mandailing Natal : Makam Raja-raja Hutagodang


rahipa.com - Cerita  raja-raja, Mandailing Natal mempunyai segudang sejarah tentang kerajaan. Mandailing Natal adalah daerah yang kaya akan kebudayaan dan juga cerita nya. Salah satu dari kerajaan di Mandailing Natal adalah yang berada di Hutagodang, kerajaan ini juga meninggalkan sebuah saksi bisu yang bisa kita lihat sampai saat ini yaitu Makam Raja-raja Huta Godang.


Penulis memang masih belum mengetahui semua sejarahnya. Tapi dari bentuk ukiran dan tata letak makamnya saya pikir ini belum masuk pada ajaran Islam, ukiran khas yang terlihat masih membawa adat kerajaan.


Selain makam ini Rumah Baginda (Kerajaan -Red) atau dalam Bahasa Mandailingnya adalah Bagas Godang masih terlihat berdiri kokoh lengkap dengan bale-balenya.

Desa Hutagodang menjadi titik peradaban dari Mandailing Godang yang sebenarnya. Nilai sejarah yang sangat tinggi tersirat di dalam setiap sudut desa ini.




Makam-makam ini sepenuhnya belum terawat hanya dibiarkan begitu saja. Padahal nilai sejarah Mandailing Godang ada di dalamnya. 

Tapi sayangnya, masyarakat masih belum bisa merawat dan melestarikan peninggalan sejarah yang sangat berharga ini, terlihat dari lingkungan yang kurang terawat dan sangat terabaikan (Note : bukan yang difoto).


Mandailing Natal "Negeri Beradat, Taat Beribadat" sepertinya belum mengena dan belum sepenuhnya dipahami masyarakat Madina (Mandailing Natal -Red). Mungkin perlu adanya sebuah kegiatan yang mengajak semua masyarakat agar menghargai budaya dan sejarah didalamnya.

Tapi saya yakin dan percaya dalam hati generasi muda Madina masih ada rasa cinta budaya dan tanah air.